KURIKULUM

Kurikulum, RPP, Silabus dan Pengembangannya

  • Home
  • Kurikulum
  • Info K13
  • Silabus
  • RPP
  • Pembelajaran K13
  • Penilaian K13
  • Privacy
  • Daftar Isi

About Me

My Photo
Budiyono
saya seorang guru yang ingin bermanfaat bagi sesama dalam hidupku, terus beramal menebarkan kebaikan
View my complete profile
Powered by Blogger.
Home » RPP » Langkah-langkah Pembelajaran dengan Pendekatan Ilmiah

Langkah-langkah Pembelajaran dengan Pendekatan Ilmiah

Written By Budiyono on Sunday, May 11, 2014 | 12:17 PM

Budiyono Dion, Kurikulum



Langkah-langkah Pembelajaran dengan Pendekatan Ilmiah

Proses  pembelajaran  pada  Kurikulum  2013  untuk  semua  jenjang  dilaksanakan  dengan menggunakan  pendekatan  ilmiah.  Proses  pembelajaran  harus menyentuh  tiga  ranah,  yaitu  sikap,  pengetahuan,  dan keterampilan.  Dalam  proses  pembelajaran  berbasis  pendekatan  ilmiah,  ranah  sikap  menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik tahu tentang ‘mengapa’. Ranah keterampilan  menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik tahu tentang ‘bagaimana’. Ranah pengetahuan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik tahu tentang  ‘apa’. 
Hasil akhirnya adalah peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan untuk menjadi manusia yang baik  (soft skills) dan manusia yang memiliki kecakapan dan pengetahuan untuk hidup secara layak (skills) dari peserta didik yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan dan pengetahuan.
Kurikulum  2013 menekankan  pada dimensi  pedagogik  modern  dalam pembelajaran,  yaitu  menggunakan  pendekatan ilmiah.
Pendekatan  ilmiah  (scientific appoach)  dalam  pembelajaran  semua  mata  pelajaran menggali pengamatan kemudian informasi,  menyajikan informasi, menganalisis,  menalar,  kemudian menyimpulkan,  dan  mencipta.
Untuk mata pelajaran, materi, atau situasi   tertentu, sangat mungkin pendekatan ilmiah ini tidak selalu tepat diaplikasikan  secara prosedural. Pada  kondisi  seperti  ini,  tentu  saja proses tetap menerapkan nilai-nilai atau sifat- sifat ilmiah dan menghindari  nilai- nilai atau sifat- sifat nonilmiah.
Pendekatan ilmiah pembelajaran disajikan  dengan penerapat metode; Mengamati, Menanya, Menalar, Analogi, Hubungan Antarfenonena, dan  Mencoba.
 
Share this article :
Share on FB Tweet Share on G+ Submit to Digg
Budiyono di 12:17 PM

0 komentar:

Post a Comment

mohon meninggalkan komentar

Newer Post
Older Post
Home
View web version
KURIKULUM© 2014. All Rights Reserved. Template By Seocips.com
SEOCIPS Areasatu Adasenze Tempate Tipeex.com Publisher by Kurikulum