KURIKULUM

Kurikulum, RPP, Silabus dan Pengembangannya

  • Home
  • Kurikulum
  • Info K13
  • Silabus
  • RPP
  • Pembelajaran K13
  • Penilaian K13
  • Privacy
  • Daftar Isi

About Me

My Photo
Budiyono
saya seorang guru yang ingin bermanfaat bagi sesama dalam hidupku, terus beramal menebarkan kebaikan
View my complete profile
Powered by Blogger.
Home » RPP » Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Masalah

Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Masalah

Written By Budiyono on Thursday, August 7, 2014 | 6:40 AM

Budiyono Dion, Kurikulum


Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Masalah


Kompetensi Dasar/indikator
:
1.1       Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil  observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan

4.1   Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan

·      Menentukan struktur teks prosedur kompleks
·      Mengidentifikasi kaidah/ ciri bahasa teks prosedur kompleks



§ Menjawab pertanyaan tentang isi teks yang dibaca mulai dari pertanyaan literal, imprensial, integrative, dan kritis
·    Menceritakan kembali isi teks yang dibaca dengan bahasa sendiri
Topik/Bahasan
:
·   Struktur teks prosedur
·   Makna teks prosedur
Alokasi Waktu
:
2xpertemuan


A.   Langkah-langkah Pembelajaran

Tahapan Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi siswa pada masalah
(Pendahuluan )
·   Siswa  menyimak masalah yang disampaikan guru  tentang prosedur komplek tentang pembuatan sim
·   Guru mengemukakan masalah apabila  mengendarai sepeda motor atau mobil. Sebagai warga yang baik.  Kalian perlu memiliki perilaku sehari-hari yang mencerminkan kesadaran hukum.

Kesadaran hukum yang dimiliki setiap orang tercermin pada berbagai aspek kehidupan. Berikut ini adalah contoh-contoh kesadaran hukum. Penduduk Indonesia yang sadar hukum tentu harus mempunyai kartu tanda penduduk (KTP) bagi yang berumur 17 tahun ke atas; pengendara kendaraan bermotor harus mempunyai surat izin mengemudi (SIM); dan orang yang bepergian ke negara lain harus mempunyai paspor dan visa.
Dalam kaitan dengan aspek warga yang baik untuk mengikuti tahapan dalam suatu proses, kalian akan mengeksplorasi teks prosedur kompleks. Akan kalian ketahui bahwa teks prosedur berisi langkah-langkah atau tahap-tahap yang harus ditempuh
·   Siswa diminta memberikan tanggapan dan pendapat terhadap masalah tersebut
·   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menjelaskan teknik pembelajaran yang akan dilaksanakan
Mengorganisasi siswa dalam belajar (Pendahuluan)
·   Siswa membentuk kelompok  belajar  setiapa kelompok 5 orang  sesuai arahan guru dengan mempertimbangakan kemampuan akademik, gender, dan ras
·   Siswa menerima LKS  ( tentang dua prosedur kompleks pembuatan sim )
·   Siswa membaca  teks prosedur  dengan judul”Cara Mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM)
Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri maupun kelompok
(Kegiatan Inti)
·   Siswa melakukan identifikasi  prosedur komplek  dengan menggunaka LKS dalam kelompok
·   Guru  memfasilitasi dan membimbing kelompok dalam berdiskusi untuk memecahkan  masalah
Mengembangkan dan menyajikan hasik karya (Kegiatan Inti)
·   siswa menjawab pertanyaan pada LKS dan menyajikan dalam laporan tertulis
·   Siswa menyajikan laporan pembahasan hasil  temuan, penarikan kesimpulan dari mengidentifikasi  teks prosedur komplek tersebut
Menganalisi dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
(Penutup)
·   Siswa dibimbing guru melakukan analisis terhadap masalah prosedur komplek  yang ditemukan siswa
·   Kelompok siswa yang menghasilkan pemecahan masalah prosedur komplek yang lengkap diberi penghargaan.
·   Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari siswa

Selanjutnya siswa diberikan tugas-tugas, baca pada …lembar kerja siswa.
Share this article :
Share on FB Tweet Share on G+ Submit to Digg
Budiyono di 6:40 AM

0 komentar:

Post a Comment

mohon meninggalkan komentar

Newer Post
Older Post
Home
View web version
KURIKULUM© 2014. All Rights Reserved. Template By Seocips.com
SEOCIPS Areasatu Adasenze Tempate Tipeex.com Publisher by Kurikulum