KURIKULUM

Kurikulum, RPP, Silabus dan Pengembangannya

  • Home
  • Kurikulum
  • Info K13
  • Silabus
  • RPP
  • Pembelajaran K13
  • Penilaian K13
  • Privacy
  • Daftar Isi

Random Post

About Me

My Photo
Budiyono
saya seorang guru yang ingin bermanfaat bagi sesama dalam hidupku, terus beramal menebarkan kebaikan
View my complete profile

Email Subscriptions

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.
Home » RPP » Karakteristik Pembelajaran Kurikulum 2013

Karakteristik Pembelajaran Kurikulum 2013

Written By Budiyono on Sunday, May 11, 2014 | 12:09 PM

Budiyono Dion, Kurikulum



Karakteristik Pembelajaran Kurikulum 2013

Permendikbud RI nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dijelaskan , karakteristik  pembelajaran  pada  setiap  satuan  pendidikan  terkait  erat  pada Standar  Kompetensi  Lulusan  dan  Standar  Isi.  Standar  Kompetensi  Lulusan memberikan  kerangka  konseptual  tentang  sasaran  pembelajaran  yang  harus dicapai. Standar Isi memberikan kerangka konseptual tentang kegiatan belajar dan pembelajaran yang diturunkan dari tingkat kompetensi dan ruang lingkup materi.
Sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan, sasaran pembelajaran mencakup pengembangan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dielaborasi untuk setiap satuan pendidikan.  
Ketiga  ranah  kompetensi  tersebut  memiliki  lintasan  perolehan  (proses psikologis)  yang  berbeda.  Sikap  diperoleh  melalui  aktivitas“  menerima, menjalankan,  menghargai,  menghayati,  dan  mengamalkan”.  Pengetahuan diperoleh  melalui  aktivitas“  mengingat,  memahami,  menerapkan, menganalisis,  mengevaluasi,  mencipta.  Keterampilan  diperoleh melaluiaktivitas“  mengamati,  menanya,  mencoba,  menalar,  menyaji,  dan mencipta”.Karaktersitik  kompetensi  beserta  perbedaan  lintasan  perolehan turut  serta mempengaruhi  karakteristik  standar  proses.  Untuk memperkuat pendekatan  ilmiah  (scientific),  tematik  terpadu  (tematik antarmata pelajaran), dan  tematik  (dalam  suatu  mata  pelajaran)  perlu  diterapkan  pembelajaran berbasis  penyingkapan/penelitian  (discovery/inquiry  learning).  Untuk mendorong kemampuan peserta didik untuk menghasilkan karya kontekstual, baik  individual  maupun  kelompok  maka  sangat  disarankan  menggunakan pendekatan  pembelajaran  yang  menghasilkan  karya  berbasis  pemecahan  masalah (project based learning).
 Rincian gradasi sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut
Sikap
Pengetahuan
    Keterampilan
Menerima
Menjalankan
Menghargai
Menghayati,
Mengamalkan
-
Mengingat
Memahami
Menerapkan
Menganalisis
Mengevaluasi
-
Mengamati
Menanya
Mencoba
Menalar
Menyaji
Mencipta
  
 Karakteristik  proses  pembelajaran  disesuaikan  dengan  karakteristik kompetensi.  Pembelajaran  tematik  terpadu  di  SD/MI/SDLB/Paket  A disesuaikan dengan tingkat perkembangan peserta didik.
Karakteristik  proses  pembelajaran  disesuaikan  dengan  karakteristik kompetensi.  Pembelajaran  tematik  terpadu  di  SMP/MTs/SMPLB/Paket  B disesuaikan dengan tingkat perkembangan peserta didik. Proses pembelajaran di  SMP/MTs/SMPLB/Paket  B  disesuaikan  dengan  karakteristik  kompetensi yang mulai memperkenalkan mata pelajaran dengan mempertahankan tematik terpadu pada IPA dan IPS.
Karakteristik  proses  pembelajaran  di  SMA/MA/SMALB/SMK/MAK/Paket  C/ Paket  C  Kejuruan  secara  keseluruhan  berbasis  mata  pelajaran,  meskipun pendekatan tematik masih dipertahankan. 
Standar  Proses  pada  SDLB,  SMPLB,  dan  SMALB  diperuntukkan  bagi  tuna netra, tuna rungu, tuna daksa, dan tuna laras yang intelegensinya normal.
Secara  umum  pendekatan  belajar  yang  dipilih  berbasis  pada  teori  tentang taksonomi tujuan pendidikan yang dalam lima dasawarsa terakhir yang secara umum  sudah  dikenal  luas.  Berdasarkan  teori  taksonomi  tersebut  capaian pembelajaran  dapat  dikelompokkan  dalam  tiga  ranah  yakni:  ranah  kognitif, affektif dan psikomotor. Penerapan  teori  taksonomi dalam  tujuan pendidikan di  berbagai  negara  dilakukan  secara  adaptif  sesuai  dengan  kebutuhannya masing-masing.  Undang-Undang  Nomor  20  Tahun  2003  tentang  Sistem Pendidikan  Nasional  telah  mengadopsi  taksonomi  dalam  bentuk  rumusan sikap, pengetahuan, dan keterampilan. 
Proses pembelajaran sepenuhnya diarahkan pada pengembangan ketiga ranah tersebut  secara  utuh/holistik,  artinya  pengembangan  ranah  yang  satu  tidak bisa dipisahkan dengan ranah  lainnya.Dengan demikian proses pembelajaran secara  utuh  melahirkan  kualitas  pribadi  yang  mencerminkan  keutuhan penguasaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Share this article :
Share on FB Tweet Share on G+ Submit to Digg
Budiyono di 12:09 PM

0 komentar:

Post a Comment

mohon meninggalkan komentar

Newer Post Older Post Home
View mobile version

Popular Post

  • Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Kompetensi Inti ( KI )   dan Kompetensi Dasar ( KD ) Kurikulum 2013 Kompetensi Inti dan Kompetensi Da...
  • Penguatan Tata Kelola dan Pendalaman/Perluasan Materi Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Penguatan Tata Kelola dan Pendalaman/Perluasan Materi Kurikulum 2013 Penyusunan kurikulum 2013 dimulai ...
  • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek
    Budiyono Dion, Kurikulum Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek   Pertemuan kedua 1.      Pendahuluan ...
  • Tuntutan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Tuntutan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Tuntutan pebelajaran kurikulum 2013 menghendaki suatu proses...
  • Macam-Macam Genre Teks
    Budiyono Dion, Kurikulum Macam-Macam Genre Teks 1.     Teks Prosedur Fungsi sosial teks prosedur : memberikan petunjuk tentang...

Archives

  • ► 2015 (8)
    • ► February (6)
    • ► January (2)
  • ▼ 2014 (77)
    • ► December (1)
    • ► November (2)
    • ► October (2)
    • ► August (21)
    • ► July (3)
    • ► June (35)
    • ▼ May (7)
      • Kurikulum Tidak Efektif Menjadikan Mutu Pendidikan...
      • Anggaran Buku Kurikulum 2013 RP 2,1 Triliun
      • Langkah-langkah Pembelajaran dengan Pendekatan Ilmiah
      • Esensi Pendekatan Ilmiah
      • Pendekatan Scientific
      • Prinsip Pembelajaran Kurikulum 2013
      • Karakteristik Pembelajaran Kurikulum 2013
    • ► April (1)
    • ► March (5)

Followers

Preview Subscription

Subscribe to KURIKULUM by Email
KURIKULUM© 2014. All Rights Reserved. Template By Seocips.com
SEOCIPS Areasatu Adasenze Tempate Tipeex.com Publisher by Kurikulum