KURIKULUM

Kurikulum, RPP, Silabus dan Pengembangannya

  • Home
  • Kurikulum
  • Info K13
  • Silabus
  • RPP
  • Pembelajaran K13
  • Penilaian K13
  • Privacy
  • Daftar Isi

About Me

My Photo
Budiyono
saya seorang guru yang ingin bermanfaat bagi sesama dalam hidupku, terus beramal menebarkan kebaikan
View my complete profile
Powered by Blogger.
Home » RPP » Prinsip Pembelajaran Kurikulum 2013

Prinsip Pembelajaran Kurikulum 2013

Written By Budiyono on Sunday, May 11, 2014 | 12:11 PM

Budiyono Dion, Kurikulum



Prinsip Pembelajaran Kurikulum 2013

Prinsip pembelajaran kurikulum 2013 tertuang dalam permendiknas nomor 65 tahun 2013 tentang standar proses. Standar Proses adalah kriteria mengenai pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan.
Proses  pembelajaran  pada  satuan  pendidikan  diselenggarakan  secara interaktif,  inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk  berpartisipasi  aktif,  serta  memberikan  ruang  yang  cukup  bagi prakarsa,  kreativitas,  dan  kemandirian  sesuai  dengan  bakat, minat,  dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Untuk itu setiap satuan pendidikan  melakukan  perencanaan  pembelajaran,  pelaksanaan  proses pembelajaran  serta  penilaian  proses  pembelajaran  untuk  meningkatkan  efisiensi dan efektivitas ketercapaian kompetensi lulusan. 
Sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar  Isi maka prinsip
pembelajaran yang digunakan:
1.        dari pesertadidik diberi tahu menuju pesertadidik mencari tahu;
2.        dari guru sebagai satu-satunya sumber belajarmenjadi belajar berbasis aneka sumberbelajar;
3.        dari  pendekatan  tekstual  menuju  proses  sebagai  penguatan penggunaan pendekatan ilmiah;
4.        dari  pembelajaran  berbasis  konten  menuju  pembelajaran  berbasis kompetensi;
5.        dari pembelajaran parsial menuju pembelajaran terpadu;
6.        daripembelajaran  yang  menekankan  jawaban  tunggal  menuju pembelajaran dengan jawaban yang kebenarannya multi dimensi;
7.        daripembelajaran verbalisme menuju keterampilan aplikatif;
8.        peningkatandankeseimbanganantaraketerampilan  fisikal  (hardskills) danketerampilan mental (softskills);
9.        pembelajaran  yang  mengutamakan  pembudayaan danpemberdayaanpesertadidiksebagai pembelajar sepanjanghayat;
10.    pembelajaran  yang  menerapkan  nilai-nilai  dengan  memberi keteladanan(ing ngarso sung  tulodo), membangun kemauan  (ing madyo mangun  karso),  dan mengembangkan  kreativitas  peserta  didik  dalam  proses pembelajaran (tut wuri handayani);
11.    pembelajaranyang  berlangsung  di  rumah,  di  sekolah,  dan  di masyarakat;
12.    pembelajaran yang menerapkan prinsip bahwa siapa saja adalah guru, siapa saja adalah siswa, dan di mana saja adalah kelas. 
13.    Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran; dan
14.    Pengakuan  atas  perbedaan  individualdan  latar  belakang  budayapesertadidik.
Terkait  dengan  prinsip  di  atas,  dikembangkan  standar  proses  yang mencakup  perencanaan  proses  pembelajaran,  pelaksanaan  proses pembelajaran,  penilaian  hasil  pembelajaran,  dan  pengawasan  proses pembelajaran.
Share this article :
Share on FB Tweet Share on G+ Submit to Digg
Budiyono di 12:11 PM

0 komentar:

Post a Comment

mohon meninggalkan komentar

Newer Post
Older Post
Home
View web version
KURIKULUM© 2014. All Rights Reserved. Template By Seocips.com
SEOCIPS Areasatu Adasenze Tempate Tipeex.com Publisher by Kurikulum