KURIKULUM

Kurikulum, RPP, Silabus dan Pengembangannya

  • Home
  • Kurikulum
  • Info K13
  • Silabus
  • RPP
  • Pembelajaran K13
  • Penilaian K13
  • Privacy
  • Daftar Isi

About Me

My Photo
Budiyono
saya seorang guru yang ingin bermanfaat bagi sesama dalam hidupku, terus beramal menebarkan kebaikan
View my complete profile
Powered by Blogger.
Home » Info K13 » Kurikulum 2013 dan Kemajuan Teknologi

Kurikulum 2013 dan Kemajuan Teknologi

Written By Budiyono on Thursday, June 26, 2014 | 6:54 AM

Budiyono Dion, Kurikulum



Kurikulum 2013 dan Kemajuan Teknologi

Perkembangan dunia pendidikan tidak dapat dipisahkan dengan pesatnya kemajuan teknologi. Melalui kemajuan tersebut, siswa diharap lebih mudah dalam belajar. Kurikulum 2013 mensinergikan teknologi dan pendidikan, dan prinsip pembelajaran dalam Kurikulum 2013 adalah mencari tahu. Itulah beberapa poin penting dalam Seminar Nasional Pendidikan, di Hotel Grasia, Semarang, beberapa waktu lalu.
Suaramerdeka.com menyampaikan laporannya;  Dr Purwanto MPd, Kepala Bidang Teknologi Pembelajaran Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyatakan; Perkembangan dunia pendidikan tak dapat dipisahkan dengan pesatnya kemajuan teknologi. Melalui kemajuan tersebut, siswa diharap lebih mudah dalam belajar. Untuk itu teknologi dan pendidikan yang bersinergi adalah hal yang ditekankan dalam Kurikulum 2013. Dia mengatakan, peluang bagi lulusan Prodi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan terbuka lebar. Meskipun, menurutnya, belum dibuka jabatan pengembang teknologi pendidikan di sekolah. “Di era modern ini harus bisa saling bekerja sama untuk mendenifisikan dan mendifusikan pembelajaran di Kurikulum 2013,” jelasnya.
Ketua panitia seminar, Nur Risky Chodijah, menyatakan keprihatinannya pada hilangnya mata pelajaran TIK dalam Kurikulum 2013. Untuk itu dia berharap seminar ini mampu merumuskan solusi untuk mempercepat implementasi Kurikulum 2013 dan mewancanakan perlunya teknologi pendidikan di sekolah.
Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Unnes, Hardjono MPd, menyatakan “Teknologi tidak bisa ditawar dan berperan di semua bidang kehidupan. Peran teknologi yang satu sisi menguasasi alam tanpa kontrol harus tetap diimbangi dengan kearifan,” ujar dia.
Sementara, Dr Siskandar MA, dosen FIP Unnes yang juga menjadi pembicara, mengatakan prinsip pembelajaran dalam Kurikulum 2013 adalah mencari tahu. “Dari sumber belajar tunggal ke beragam sumber belajar, tekstual ke ilmiah, keseimbangan hardskill dan softskills, dan keteladanan,” katanya.
Peran teknologi pendidikan dalam Kurikulum 2013 juga sangat besar, yaitu membantu guru di sekolah. “Di kelas yang siswanya berjumlah lebih dari 30, membuat guru tidak mampu mengenal karakteristik semua siswa. Untuk itu, peran orang tua sangat penting. Jika orang tua dibekali cara mendidik yang baik maka akan membuat anak mampu meraih cita-cita,” ujar Dr Dewi Utama Faizah, Kasi Penilaian dan Akreditas
Ia menambahkan, melatih orang tua lebih bermanfaat dibandingkan dengan melatih guru. Hal ini karena guru sudah disibukkan dengan administrasi dan tidak bisa memperhatikan semua karakteristik anak didiknya. “Oleh karena itu, jika orang tua dilatih, maka bisa mengembangkan potensi sesuai dengan keunikan anaknya,” jelas Dr Dewi.
Share this article :
Share on FB Tweet Share on G+ Submit to Digg
Budiyono di 6:54 AM

0 komentar:

Post a Comment

mohon meninggalkan komentar

Newer Post
Older Post
Home
View web version
KURIKULUM© 2014. All Rights Reserved. Template By Seocips.com
SEOCIPS Areasatu Adasenze Tempate Tipeex.com Publisher by Kurikulum