Budiyono Dion, Kurikulum
Standar Isi Kurikulum 2013
Standar Kompetensi
Lulusan merupakan kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup
sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Untuk mencapai kompetensi lulusan
tersebut perlu ditetapkan Standar Isi. Berdasarkan
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana
telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan
Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 tentang Standar Nasional Pendidikan
ditetapkan bahwa Standar Isi adalah kriteria mengenai ruang lingkup materi dan
tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis
pendidikan tertentu. Ruang lingkup materi dirumuskan berdasarkan criteria
muatan wajib yang ditetapkan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,
konsep keilmuan, dan karakteristik satuan pendidikan dan program pendidikan.
Selanjutnya, tingkat kompetensi dirumuskan berdasarkan kriteria tingkat
perkembangan peserta didik, kualifikasi kompetensi Indonesia, dan penguasaan
kompetensi yang berjenjang.
Tingkat Kompetensi dan
ruang lingkup materi SMA/MA/SMALB/PAKET C, dan SMK/MAK/ PAKET C Kejuruan mata
peajaran bahasa Indonesia berdasarkan Permendikbud nomor 64 tahun 2013 tentang
Standar Isi adalah sebagai berikut.
Tingkat Kompetensi
|
Kelas
|
Kompetensi
|
Ruang Lingkup Materi
|
5
|
X-XI
|
- Memiliki perilaku jujur, tanggung
jawab, peduli, responsif, dan
santun dalam menggunakan
bahasa Indonesia untuk
menanggapi fenomena alam dan
sosial
- Mengenal konteks budaya dan
konteks sosial, satuan
kebahasaan, serta unsur
paralinguistik dalam penyajian
teks
- Memahami bentuk, struktur, dan
kaidah teks dalam genre cerita,
faktual, dan tanggapan
- Membandingkan dan
menganalisis teks dalam genre
cerita, faktual, dan tanggapan
- Mengklasifikasi teks dalam genre
cerita, faktual, dan tanggapan
-
Memilih teks sesuai
dengan genre
untuk mengungkapkan gagasan
- Menemukan makna teks dalam
genre faktual, tanggapan, dan
cerita
- Menyajikan teks dalam genre
faktual, tanggapan, dan cerita
secara lisan dan tulis dan
menyuntingnya
- Mengabstraksi teks dalam genre
faktual, tanggapan, dan cerita
secara lisan dan tulis
- Mengalihkan teks dalam genre
faktual, tanggapan, dan cerita secara
lisan dan tulis ke dalam bentuk lain
|
-
Bentuk teks genre
cerita (teks
anekdot, pantun, cerita ulang),
faktual (laporan hasil
observasi,
eksposisi, prosedur kompleks,
eksplanasi kompleks), dan
tanggapan (teks negosiasi dan
reviu film/drama)
- Struktur teks bergenre cerita
(teks anekdot, pantun, cerita
ulang), faktual (laporan hasil
observasi, prosedur kompleks,
eksplanasi kompleks), dan
tanggapan (teks negosiasi dan
reviu film/drama)
- Konteks budaya dan situasi yang
melatarbelakangi lahirnya
sebuah teks
- Satuan bahasa pembentuk teks:
bunyi bahasa, fonem, suku kata,
morf, kata, kelas kata, diksi,
frasa
- Penanda kebahasaan dalam teks
- Paralinguistik (lafal, kelantangan,
intonasi, tempo, gestur, dan
mimik)
|
6
|
XII
|
-
Memiliki sikap jujur,
disiplin,
peduli, dan santun dalam
menanggapi fenomena alam dan
sosial
- Mengenal konteks budaya dan
konteks sosial, satuan
kebahasaan, serta unsur
paralinguistik dalam penyajian teks
Memahami bentuk, struktur, dan
kaidah teks dalam genre cerita,
faktual, dan tanggapan
- Membandingkan dan
menganalisis teks dalam genre
cerita, faktual, dan tanggapan
- Menemukan makna teks dalam
genre faktual, tanggapan, dan
cerita
- Mengklasifikasi teks dalam
genre
cerita, faktual, dan tanggapan
- Memilih teks dalam genre
faktual, tanggapan, dan cerita
untuk mengungkapkan gagasan
- Menyajikan teks dalam genre
faktual, tanggapan, dan cerita
secara lisan dan tulis dan
menyuntingnya
- Mengabstraksi teks dalam genre
faktual, tanggapan, dan cerita
secara lisan dan tulis
- Mengalihkan teks dalam genre
faktual, tanggapan, dan cerita
secara lisan dan tulis ke dalam bentuk lain
|
-Bentuk teks genre cerita (teks
cerita sejarah, novel), faktual
(berita), dan tanggapan (teks
iklan, editorial/opini)
- Struktur dan fitur bahasa teks
genre cerita (teks anekdot,
pantun, cerita ulang ), faktual (
laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, eksplanasi kompleks),
dan tanggapan (teks negosiasi)
Konteks budaya dan situasi yang
melatarbelakangi lahirnya
sebuah teks
- Satuan bahasa pembentuk teks:
klausa, kalimat inti, kalimat
tunggal, kalimat majemuk
- Penanda kebahasaan dalam teks
- Paralinguistik (lafal,
kelantangan,
intonasi, tempo, gestur, dan
mimik)
|
0 komentar:
Post a Comment
mohon meninggalkan komentar