Budiyono Dion, Kurikulum
Standar Kompetensi
Lulusan (SKL) Kurikulum 2013
Standar Kompetensi
Lulusan merupakan salah satu dari 8 (delapan) standar nasional pendidikan
sebagaimana yang ditetapkan dalam Pasal 35 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap,
pengetahuan, dan keterampilan, yang akan menjadi acuan bagi pengembangan
kurikulum dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
1. Cakupan Kompetensi Lulusan
Penetapan pendekatan
kompetensi lulusan didahului dengan mengidentifikasi apa yang hendak dibentuk,
dibangun, dan diberdayakan dalam diri peserta didik sebagai jaminan yang akan
mereka capai setelah menyelesaikan pendidikannya pada satuan pendidikan
tertentu. Pendekatan kompetensi lulusan menekankan pada kemampuan holistik yang
harus dimiliki setiap peserta didik. Hal itu akan membawa implikasi terhadap
apa yang seharusnya dipelajari oleh setiap individu peserta didik, bagaimana
cara mengajarkan, dan kapan diajarkannya. Cakupan kompetensi lulusan satuan
pendidikan berdasarkan elemen-elemen yang harus dicapai dapat dilihat dalam
tabel berikut ini.
Tabel
1: Kompetensi Lulusan Berdasarkan
Elemen-Elemen yang Harus Dicapai
DOMAIN
|
Elemen
|
SD
|
SMP
|
SMA-SMK
|
SIKAP
|
Proses
|
Menerima + Menjalankan + Menghargai + Menghayati + Mengamalkan
|
||
Individu
|
beriman, berakhlak mulia (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli,
santun), rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal
|
|||
Sosial
|
toleransi, gotong royong, kerjasama, dan musyawarah
|
|||
Alam
|
pola hidup sehat, ramah lingkungan, patriotik, dan cinta perdamaian
|
|||
KETERAMPILAN
|
Proses
|
Mengamati + Menanya
+ Mencoba + Mengolah + Menyaji + Menalar + Mencipta
|
||
Abstrak
|
membaca, menulis, menghitung, menggambar,mengarang
|
|||
Konkret
|
menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, membuat, mencipta
|
|||
PENGETAHUAN
|
Proses
|
Mengetahui + Memahami + Menerapkan + Menganalisa + Mengevaluasi
|
||
Objek
|
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya
|
|||
Subyek
|
manusia, bangsa, negara, tanah air, dan dunia
|
Cakupan kompetensi lulusan satuan
pendidikan secara holistik dapat dilihat dalam tabel di bawah ini.
Tabel
2: Kompetensi Lulusan Secara Holistik
DOMAIN
|
SD
|
SMP
|
SMA-SMK
|
SIKAP
|
Menerima + Menjalankan + Menghargai + Menghayati + Mengamalkan
|
||
pribadi yang beriman, berakhlak mulia, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial, alam
sekitar, serta dunia dan peradabannya
|
|||
KETERAMPILAN
|
Mengamati + Menanya + Mencoba + Mengolah + Menyaji + Menalar + Mencipta
|
||
pribadi yang berkemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif
dalam ranah abstrak dan konkret
|
|||
PENGETAHUAN
|
Mengetahui + Memahami + Menerapkan + Menganalisa + Mengevaluasi
|
||
pribadi yang menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan berwawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
|
Berdasarkan tabel di
atas, cakupan kompetensi lulusan secara holistik dirumuskan sebagai berikut:
1. Kemampuan
Lulusan dalam Dimensi Sikap:
Manusia
yang memiliki pribadi yang beriman, berakhlak mulia, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial,
alam sekitar, serta dunia dan peradabannya. Pencapaian pribadi tersebut
dilakukan melalui proses: menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan
mengamalkan.
2. Kemampuan
Lulusan dalam Dimensi Keterampilan:
Manusia yang memiliki
pribadi yang berkemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah
abstrak dan konkret.Pencapaian pribadi tersebut dilakukan melalui proses: mengamati,
menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, dan mencipta.
3. Kemampuan
Lulusan dalam Dimensi Pengetahuan:
Manusia yang memiliki
pribadi yang menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan berwawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban.Pencapaian pribadi tersebut
dilakukan melalui proses: mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisa, dan
mengevaluasi.
Perumusan kompetensi lulusan antarsatuan
pendidikan mempertimbangkan gradasi setiap tingkatan satuan pendidikan dan
memperhatikan kriteria sebagai berikut:
a. perkembangan psikologis anak,
b. lingkup dan kedalaman materi,
c. kesinambungan, dan
d. fungsi satuan pendidikan
2.
Kompetensi
Lulusan Satuan Pendidikan
KOMPETENSI
LULUSAN SMA/MA/SMK/MAK/SMALB/Paket C
Lulusan
SMA/MA/SMK/MAK/SMALB/Paket C memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan
sebagai berikut.
SMA/MA/SMK/MAK/SMALB/Paket
C
|
|
DIMENSI
|
KOMPETENSI
LULUSAN
|
SIKAP
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
Pengetahuan
|
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan
budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian.
|
KETERAMPILAN
|
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang
efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari
yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
|
0 komentar:
Post a Comment
mohon meninggalkan komentar