KURIKULUM

Kurikulum, RPP, Silabus dan Pengembangannya

  • Home
  • Kurikulum
  • Info K13
  • Silabus
  • RPP
  • Pembelajaran K13
  • Penilaian K13
  • Privacy
  • Daftar Isi

About Me

My Photo
Budiyono
saya seorang guru yang ingin bermanfaat bagi sesama dalam hidupku, terus beramal menebarkan kebaikan
View my complete profile
Powered by Blogger.
Home » RPP » Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek

Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek

Written By Budiyono on Monday, August 4, 2014 | 10:07 AM

Budiyono Dion, Kurikulum


Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek 

Pertemuan kedua
1.     Pendahuluan (10 menit)
               a. Salah seorang peserta didik memimpin berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-    masing.
b.    Peserta didik mendapatkan motivasi. 
c.     Pendidik menyampaikan  apersepsi dan kerangka acuan tentang rencana pembelajaran yang akn dilakukan.
d.    Peserta didik menyepakati kegiatan yang akan dilakukan.
2.Kegiatan Inti (70 menit)
Guru membentuk kelompok (5-6 siswa dalam satu kelompok)
a.  Mengamati fenomena- Tahap 1 Model Proyek
                              i.          Peserta didik menyimak film drama kehidupan
                            ii.          Peserta didik mengidentifikasi  tokoh, alur, latar, dan topik dikaitkan dengan kehidupan nyata.
b. Menentukan pertanyaan mendasar- Tahap 2 Model Proyek
                            1)     Peserta didik merumuskan  pertanyaan yang penting  untuk mengkritisi peristiwa yang terjadi dalam film.
                            2)     Peserta mendiskusikan unsur intrinsik film.
                            3)     Peserta didik berdiskusi tentang struktur isi film.
c.Menyusun jadwal perencanaan proyek- Tahap 3 Model Proyek
1)    Peserta didik merumuskan tema cerpen
2)    Peserta didik  menyusun kerangka alur cerpen
3)    Peserta didik menyusun cerpen bersama
4)    Peserta didik mencoba saling menukarkan cerpen dengan kelompok lain untuk dikomentari.
5)    Peserta didik mencoba membuat cerpen sendiri berdasarkan pengalaman.
a.    Mengumpulkan data/ mengeksplorasi (Membuat jadwal untuk menyelesaikan proyek – Tahap 4 Model Proyek)
1)    Peserta didik membuat jadwal untuk mengumpulkan cerpen karya sendiri.
2)    Peserta didik merencanakan kegiatan membuat lomba menulis cerpen kelas.
3)    Peserta didik menentukan tema cerpen yang dilombakan
4)    Peserta didik menentukan pengumpulan terakhir untuk cerpen yang dilombakan.
5)    Peserta didik membentuk tim juri.
b.    Evaluasi pengalaman- Tahap 5 Model Proyek
1)  Peserta didik menentukan paragraf pembuka (orientasi).
1)    Peserta didik menentukan  paragraf paragraf isi (komplikasi).
2)    Peserta didik menentukan paragraf penutup (resolusi).
3)    Peserta didik  mengembangkan cerpen dengan struktur orientasi, komplikasi, dan resolusi di kelas sebagai perlombaan
c.     Menguji hasil- Tahap 6 Model Proyek dan Monitoring – Tahap 7 Model Proyek
1)    Peserta didik  memamerkan   cerpen  secara berkelompok pada  mading  kelas.
2)    Peserta didik saling berkunjung ke kelompok lain.
3)    Peserta didik menilai kliping karya kelompok lain.
4)    Peserta  didik menceritakan proses membuat kliping dan tanggal serta tempat merencanakan, menempel, serta membuat mading dalam kelompok.
5)    Peserta didik memberi tanggapan baik berupa pertanyaan, sanggahan atau dukungan secara santun.
6)    Peserta didik diajak tim juri memberikan  komentar terhadap cerpen lain sebagai sebuah pembelajaran.
7)    Tim juri mengulas kelebihan dan kekurangan cerpen yang ditulis peserta didik.
8)    Pendidik  mengundang juri  untuk menilai dan mewawancarai peserta  yang masuk final untuk  menceritakan  proses menulis cerpen dan  mengemukakan berbagai kendala yang dialaminya.
9)    Pendidik mengumumkan pemenang lomba cerpen kelas.
10)Peserta didik pemenang mendapat apresiasi hadiah dari pendidik.

2.       Penutup (10 menit)
a.         Salah seorang peserta didik membacakan cerpennya.
b.         Guru dan peserta didik menyimpulkan pembelajaran.
c.          Guru dan peserta didik melalukan refleksi terkait dengan pembelajaran yang baru berlangsung.
d.          Guru memberikan kuis sederhana untuk mengukur ketercapaian pembelajaran hari ini.
e.         Guru memberikan tugas untuk pengayaan atau remidi kepada peserta didik.
B.      Penilaian
Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk
Pengamatan Sikap  
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Tertulis 
Tes Uraian dan Pilihan
Tes Unjuk Kerja 
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik

selanjutnya....http://kurikulm.blogspot.com/2014/08/instrumen-penilaian-sikap-pembelajaran.html#gsc.tab=0
Share this article :
Share on FB Tweet Share on G+ Submit to Digg
Budiyono di 10:07 AM

0 komentar:

Post a Comment

mohon meninggalkan komentar

Newer Post
Older Post
Home
View web version
KURIKULUM© 2014. All Rights Reserved. Template By Seocips.com
SEOCIPS Areasatu Adasenze Tempate Tipeex.com Publisher by Kurikulum