KURIKULUM

Kurikulum, RPP, Silabus dan Pengembangannya

  • Home
  • Kurikulum
  • Info K13
  • Silabus
  • RPP
  • Pembelajaran K13
  • Penilaian K13
  • Privacy
  • Daftar Isi

About Me

My Photo
Budiyono
saya seorang guru yang ingin bermanfaat bagi sesama dalam hidupku, terus beramal menebarkan kebaikan
View my complete profile
Powered by Blogger.
Home » RPP » Penilaian Pembelajaran Model Penemuan

Penilaian Pembelajaran Model Penemuan

Written By Budiyono on Thursday, August 7, 2014 | 7:34 AM

Budiyono Dion, Kurikulum



Penilaian Pembelajaran Model Penemuan

 H. PENILAIAN
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
Observasi
Lembar pengamatan sikap dan rubrik
Tes Tulis
Tes uraian, menemukan persamaan dan perbedaan teks ulasan film/drama dan resensi kumpulan cerpen  dan Rambu-rambu jawaban
Tes Praktik-Proyek
Menulis teks ulasan film/drama, rubrik penilaian


2. Contoh Instrumen
2.1 Istrumen Sikap
Lembar Pengamatan Sikap

NO.
ASPEK YANG DIAMATI
4
3
2
1
1.
Selalu menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar




2.
Lebih memilih kata,istilah, atau ungkapan bahasa Indonesia dalam mengekspresikan gagasan berbahasa Indonesia baik lisan maupun tulis




3.
Menunjukkan perilaku tidak menjiplak pada kegiatan menulis teks ulasan film/drama




4.
Menunjukkan rasa peduli dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis terhadap masalah-masalah yang dikemukakan dalam teks ulasan film/drama




5.
Menggunakan kata-kata yang tidak menyinggung perasaan orang lain




6.
Selalu tepat waktu dalam menyelesaikan tugas





Nilai:      Skor Perolehan
             -------------------------   X 4 :
                     24
Skor
Indikator
4 
Selalu berperilaku sesuai dengan yang diharapkan
3
 Sering berperilaku sesuai yang diharapkan
2
Kadang-kadang berperilaku sesuai yang diharapkan
1
Tidak pernah berperilaku sesuai yang diharapkan

2.2  Contoh Penilaian Pengetahuan
Tes Tulis bentuk Uraian
1.       Bacalah teks ulasan film/drama (Teks A) dan teks resensi kumpulan cerpen (Teks B)  berikut!
2.       Temukan persamaan kedua teks tersebut dilihat dari struktur isi, ciri bahasa, dan fungsi sosialnya! Berikan bukti!
3.       Temukan perbedaan kedua teks tersebut dilihat dari struktur isi, ciri bahasa, dan fungsi sosialnya! Berikan bukti!
Guru memberikan teks A dan B
Share this article :
Share on FB Tweet Share on G+ Submit to Digg
Budiyono di 7:34 AM

0 komentar:

Post a Comment

mohon meninggalkan komentar

Newer Post
Older Post
Home
View web version
KURIKULUM© 2014. All Rights Reserved. Template By Seocips.com
SEOCIPS Areasatu Adasenze Tempate Tipeex.com Publisher by Kurikulum