KURIKULUM

Kurikulum, RPP, Silabus dan Pengembangannya

  • Home
  • Kurikulum
  • Info K13
  • Silabus
  • RPP
  • Pembelajaran K13
  • Penilaian K13
  • Privacy
  • Daftar Isi

About Me

My Photo
Budiyono
saya seorang guru yang ingin bermanfaat bagi sesama dalam hidupku, terus beramal menebarkan kebaikan
View my complete profile
Powered by Blogger.
Home » RPP » Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Penemuan

Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Penemuan

Written By Budiyono on Thursday, August 7, 2014 | 7:26 AM

Budiyono Dion, Kurikulum



Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Penemuan


Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesaia
Kelas/Semeste
:
X1/2
Kompetensi Dasar
:


:
1.2       Membandingkan teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama  baik melalui lisan maupun tulisan
4.2    Memproduksi teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama yang koheren sesuai dengan karakteristik  yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
Topik/Bahasan

Teks Ulasan Film/Drama
Alokasi Waktu

2  x pertemuan (4x45 menit)

B. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Pemberian rangsangan
·      Peserta didik membaca contoh teks ulasan film/drama dan teks resensi kumpulan cerpen.
Identifikasi masalah
·      Peserta didik menanyakan butir-butir penting terkait struktur isi, ciri bahasa, dan tujuan komunikasi teks ulasan film/drama yang dibaca.
·      Peserta didik menanyakan butir-butir penting terkait struktur isi, ciri bahasa, dan tujuan komuniaksi teks resensi kumpulan cerpen  yang dibaca.
Merumuskan hipotesis
·      Peserta didik mencoba menjawab pertanyaan tentang struktur isi dan ciri bahasa teks ulasan film/drama dan teks resensi kumpulan cerpen.
Mengumpulkan data untuk membuktikan kebenaran hipotesis
·      Melalui diskusi kelompok, peserta didik mendiskusikan persamaan teks ulasan film/drama dan teks resensi kumpulan cerpen  dilihat dari struktur isi dan ciri bahasanya dengan dengan menggali data pada teks yang telah dibaca.
·      Melalui diskusi kelompok, peserta didik mendiskusikan perbedaan teks ulasan film/drama dan teks resensi kumpulan cerpen  dilihat dari struktur isi dan ciri bahasanya dengan menggali data pada teks yang telah dibaca.
·      Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok dalam diskusi kelas.
·      Peserta didik memberi tanggapan baik berupa pertanyaan, sanggahan atau dukungan secara santun
·      Penguatan dari pendidik.
Menarik Simpulan/Generalisasi
·      Peserta didik menarik simpulan dan merevisi temuannya tentang persamaan dan perbedaan teks ulasan film/drama dengan teks resensi kumpulan cerpen kemudian dipajang di majalah dinding kelas.
·      Peserta didik membuat rangkuman.
·      Peserta didik dengan panduan pendidik melakukan refleksi, misalnya mereviu bagian mana yang perlu dijelaskan lebih lanjut.
·      Peserta didik mencatat informasi tentang tugas untuk pertemuan kedua, yaitu tiap kelompok  menonton satu film/drama.
·      Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.

selanjutnya baca....Pertemuan Kedua
Share this article :
Share on FB Tweet Share on G+ Submit to Digg
Budiyono di 7:26 AM

0 komentar:

Post a Comment

mohon meninggalkan komentar

Newer Post
Older Post
Home
View web version
KURIKULUM© 2014. All Rights Reserved. Template By Seocips.com
SEOCIPS Areasatu Adasenze Tempate Tipeex.com Publisher by Kurikulum