KURIKULUM

Kurikulum, RPP, Silabus dan Pengembangannya

  • Home
  • Kurikulum
  • Info K13
  • Silabus
  • RPP
  • Pembelajaran K13
  • Penilaian K13
  • Privacy
  • Daftar Isi

Random Post

About Me

My Photo
Budiyono
saya seorang guru yang ingin bermanfaat bagi sesama dalam hidupku, terus beramal menebarkan kebaikan
View my complete profile

Email Subscriptions

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.
Home » RPP » lanjutan RPP 01

lanjutan RPP 01

Written By Budiyono on Friday, August 15, 2014 | 9:07 PM

Budiyono Dion, Kurikulum



A.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Siswa merespons  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi siswa hari itu.
·         Siswa menjawab pertanyaan guru tentang kondisi pembelajaran sebelumnya dan  menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
·          Apersepsi dan Motivasi berupa tayangan yang berisi teks cerpen
·         Ulasan sekilas tentang nilai dan amanat yang terkandung dalam tayangan teks cerpen

10 menit
Isi (Kegiatan Inti)
Mengamati
·         Peserta didik membaca contoh teks cerpen mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks cerpen(abstrak,orientasi,komplikasi,resolusi,evaluasi,dan coda).
·         Peserta didik membaca contoh teks cerpen yang lain.


Menanya
·         Peserta didik mempertayakan uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks cerpen yang di baca.
·         Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks  cerpen dengan bahasa yang komunikatif

Mengeksplorasi
·         Peserta didik menemukan struktur isi teks cerpen
·         Peserta didik menemukan ciri-ciri teks cerpen
·         Peserta didik mendiskusikan hasil temuan terkait dengan struktur isi dan ciri bahasa teks cerpen
·         Peserta didik mendiskusikan isi,unsur intrinsik,unsur ekstrinsik dalam teks cerpen
Mengasosiasikan
·         Peserta didik mencari hubungan antara struktur isi dan ciri bahasa cerpen
·         Peserta didik mendiskusikan hubungan antara struktur isi dan bahasa cerpen
·         Peserta didik menyimpulkan isi,unsur intrinsik,unsur ekstrinsik teks cerpen dalam diskusi kelas dengan saling menghargai

Mengkomunikasikan
·         Peserta didik menjelaskan struktur isi dan ciri bahasa teks cerpen
·         Peserta didik saling menilai kebenaran/ketepatan penjelasan teman/kelompok
·         Peserta didik mempresentasikan isi, unsur intrinsik,unsur ekstrinsik teks cerpen dengan rasa percaya diri.
·         Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
90 menit


Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan definisi/batasan, struktur, dan kaidah teks cerpen
·         Bersama siswa menyimpulkan isi yang terdapat dalam teks cerpen
·         Memberikan tugas mencari contoh teks cerpen yang lain


20 menit

selanjutnya baca Penilaian
Share this article :
Share on FB Tweet Share on G+ Submit to Digg
Budiyono di 9:07 PM

0 komentar:

Post a Comment

mohon meninggalkan komentar

Newer Post Older Post Home
View mobile version

Popular Post

  • Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Kompetensi Inti ( KI )   dan Kompetensi Dasar ( KD ) Kurikulum 2013 Kompetensi Inti dan Kompetensi Da...
  • Penguatan Tata Kelola dan Pendalaman/Perluasan Materi Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Penguatan Tata Kelola dan Pendalaman/Perluasan Materi Kurikulum 2013 Penyusunan kurikulum 2013 dimulai ...
  • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek
    Budiyono Dion, Kurikulum Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek   Pertemuan kedua 1.      Pendahuluan ...
  • Tuntutan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Tuntutan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Tuntutan pebelajaran kurikulum 2013 menghendaki suatu proses...
  • Macam-Macam Genre Teks
    Budiyono Dion, Kurikulum Macam-Macam Genre Teks 1.     Teks Prosedur Fungsi sosial teks prosedur : memberikan petunjuk tentang...

Archives

  • ► 2015 (8)
    • ► February (6)
    • ► January (2)
  • ▼ 2014 (77)
    • ► December (1)
    • ► November (2)
    • ► October (2)
    • ▼ August (21)
      • Sistem Penilaian Kurikulum 2013 versus UN
      • lanjutan RPP 01
      • lanjutan RPP 01
      • RPP Bahasa Indonesia SMA XI Kurikulum 2013 (RPP 01)
      • Penilaian Pembelajaran Model Penemuan
      • Pertemuan Kedua Pembelajaran Model Penemuan
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Penemuan
      • Penilaian Pembelajaran Berbasis Masalah
      • Tugas 3 dan 4, Pembelajaran Berbasis Masalah
      • Lembar Kerja Siswa, Model Berbasis Masalah
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasi...
      • Instrumen Penilaian Sikap Pembelajaran Bahasa Indo...
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasi...
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasi...
      • Kegiatan Pembelajaran dengan menerapkan Pendekat...
      • Lembar Kerja, PERANCANGAN penerapan MODEL-model pa...
      • Lembar Kerja, Kegiatan Pembelajaran dengan mener...
      • PERANCANGAN PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MO...
      • Format Perancangan Model Pembelajaran Discovery ...
      • Kompetensi yang Dicapai
      • Perancangan Pembelajaran dan Penilaian
    • ► July (3)
    • ► June (35)
    • ► May (7)
    • ► April (1)
    • ► March (5)

Followers

Preview Subscription

Subscribe to KURIKULUM by Email
KURIKULUM© 2014. All Rights Reserved. Template By Seocips.com
SEOCIPS Areasatu Adasenze Tempate Tipeex.com Publisher by Kurikulum