KURIKULUM

Kurikulum, RPP, Silabus dan Pengembangannya

  • Home
  • Kurikulum
  • Info K13
  • Silabus
  • RPP
  • Pembelajaran K13
  • Penilaian K13
  • Privacy
  • Daftar Isi

Random Post

About Me

My Photo
Budiyono
saya seorang guru yang ingin bermanfaat bagi sesama dalam hidupku, terus beramal menebarkan kebaikan
View my complete profile

Email Subscriptions

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.
Home » RPP » Kegiatan Pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Saintifik

Kegiatan Pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Saintifik

Written By Budiyono on Monday, August 4, 2014 | 9:43 AM

Budiyono Dion, Kurikulum



Kegiatan  Pembelajaran  dengan menerapkan Pendekatan Saintifik

Kompetensi Dasar
3.2 Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
Topik/Bahasan
Membandingkan prosedur komplek dan teks eksposisi berdasarkan strukturnya


Alokasi Waktu
1x  pertemuan (2 JP)

Tahapan Pembelajaran
Kegiatan
Mengamati

1.     Peserta didik membaca prosedur komplek teks eksposisi  melalui buku teks halaman 36 dan  72
2.     Peserta didik membaca informasi mengenai struktur prosedur komplek dan teks eksposisi  melalui buku teks halaman 38 dan 78
Menanya

3.     Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin agenda-agenda masalah yang relevan dengan bahan pelajaran
4.     Berdasarkan identifikasi masalah tersebut, siswa memilih dan merumuskan salah satu di antaranya (struktur dan ciri-ciri bahasa)
Mengumpulkan Informasi

5.     Guru memberikan kesempatan kepada siswa secara berkelompok untuk mencari tahu  tentang hal-hal yang berhubungan dengan struktur teks hasil prosedur komplek dan teks eksposisi  melalui kegiatan membaca literatur di perpustakaan atau internet sekolah
6.     Peserta didik membacaprosedur komplek dteks prosedur komplek  dan tek eksposisipada halaman 36 dan 72
7.     Peserta didik mengenal dan mendiskusikan  struktur  teksprosedur komplek dan teks eksposisi dan  tersebut dengan menggunakan tugas halaman 62 dan 98
Mengasosiasikan

8.     Guru memberikan kesempatan kepada siswa secara berkelompok untuk mengolah informasi yang diperoleh dari hasil kegiatan sebelumnya untuk memperluas, memperdalam, atau mencari solusi dari masalah terkait materi
9.     Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memverifikasi sehingga dapat menemukan konsep tentang struktur teks hasil observasi
Mengkomunikasikan

10.Setelah menemukan kesimpulan, peserta didk membuat laporan dan   peserta didik dapat menyampaikan laporan hasil pengamatan  struktur teks  hasil laporan observasi
 
Share this article :
Share on FB Tweet Share on G+ Submit to Digg
Budiyono di 9:43 AM

0 komentar:

Post a Comment

mohon meninggalkan komentar

Newer Post Older Post Home
View mobile version

Popular Post

  • Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Kompetensi Inti ( KI )   dan Kompetensi Dasar ( KD ) Kurikulum 2013 Kompetensi Inti dan Kompetensi Da...
  • Penguatan Tata Kelola dan Pendalaman/Perluasan Materi Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Penguatan Tata Kelola dan Pendalaman/Perluasan Materi Kurikulum 2013 Penyusunan kurikulum 2013 dimulai ...
  • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek
    Budiyono Dion, Kurikulum Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek   Pertemuan kedua 1.      Pendahuluan ...
  • Tuntutan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Tuntutan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Tuntutan pebelajaran kurikulum 2013 menghendaki suatu proses...
  • Macam-Macam Genre Teks
    Budiyono Dion, Kurikulum Macam-Macam Genre Teks 1.     Teks Prosedur Fungsi sosial teks prosedur : memberikan petunjuk tentang...

Archives

  • ► 2015 (8)
    • ► February (6)
    • ► January (2)
  • ▼ 2014 (77)
    • ► December (1)
    • ► November (2)
    • ► October (2)
    • ▼ August (21)
      • Sistem Penilaian Kurikulum 2013 versus UN
      • lanjutan RPP 01
      • lanjutan RPP 01
      • RPP Bahasa Indonesia SMA XI Kurikulum 2013 (RPP 01)
      • Penilaian Pembelajaran Model Penemuan
      • Pertemuan Kedua Pembelajaran Model Penemuan
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Penemuan
      • Penilaian Pembelajaran Berbasis Masalah
      • Tugas 3 dan 4, Pembelajaran Berbasis Masalah
      • Lembar Kerja Siswa, Model Berbasis Masalah
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasi...
      • Instrumen Penilaian Sikap Pembelajaran Bahasa Indo...
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasi...
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasi...
      • Kegiatan Pembelajaran dengan menerapkan Pendekat...
      • Lembar Kerja, PERANCANGAN penerapan MODEL-model pa...
      • Lembar Kerja, Kegiatan Pembelajaran dengan mener...
      • PERANCANGAN PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MO...
      • Format Perancangan Model Pembelajaran Discovery ...
      • Kompetensi yang Dicapai
      • Perancangan Pembelajaran dan Penilaian
    • ► July (3)
    • ► June (35)
    • ► May (7)
    • ► April (1)
    • ► March (5)

Followers

Preview Subscription

Subscribe to KURIKULUM by Email
KURIKULUM© 2014. All Rights Reserved. Template By Seocips.com
SEOCIPS Areasatu Adasenze Tempate Tipeex.com Publisher by Kurikulum