KURIKULUM

Kurikulum, RPP, Silabus dan Pengembangannya

  • Home
  • Kurikulum
  • Info K13
  • Silabus
  • RPP
  • Pembelajaran K13
  • Penilaian K13
  • Privacy
  • Daftar Isi

Random Post

About Me

My Photo
Budiyono
saya seorang guru yang ingin bermanfaat bagi sesama dalam hidupku, terus beramal menebarkan kebaikan
View my complete profile

Email Subscriptions

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.
Home » RPP » Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek

Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek

Written By Budiyono on Monday, August 4, 2014 | 10:03 AM

Budiyono Dion, Kurikulum


Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek 



Satuan Pendidikan   : SMAN …..
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester         : XI/1
       Materi Pokok                : Memproduksi Teks Cerita Pendek
Jumlah Pertemuan   : 2 pertemuan (4 X 45’)

A.        Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Membandingkan teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan.

3.2.1   Mengidentifikasi persamaan struktur teks cerita pendek.
3.2.2   Mengidentifikasi perbedaan struktur teks cerita pendek.
3.2.3   Mengidentifikasi persamaan ciri teks cerita pendek.
3.2.4   Mengidentifikasi perbedaan ciri teks cerita pendek
4.2  Memproduksi teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama yang koheren sesuai dengan karakteristik yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
4.2.1     Menentukan tema cerita pendek
4.2.2     Mengembangkan alur cerita pendek
4.2.3     Menyusun cerita pendek berdasarkan alur

B.      Langkah-langkah Pembelajaran
        Pertemuan Pertama
1.       Pendahuluan (10 menit)
a.       Peserta didik merespons  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
b.      Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
c.       Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat,  langkah pembelajaran, dan teknik serta bentuk penilaian yang akan dilaksanakan.
2.      Kegiatan Inti (70 menit)
Guru membentuk kelompok (5-6 siswa dalam satu kelompok)
a.    Mengamati fenomena- Tahap 1 Model Proyek
1)   Peserta didik membaca contoh cerpen.
2)   Peserta didik mengidentifikasi topik.
b.    Menentukan pertanyaan mendasar- Tahap 2 Model Proyek
1)     Peserta didik merumuskanlah pertanyaan yang esensial berkaitan dengan topik tersebut.
2)     Peserta mendiskusikan unsur intrinsik cerpen.
3)     Peserta didik berdiskusi tentang struktur isi dan ciri bahasa cerpen
c.     Menyusun jadwal perencanaan proyek- Tahap 3 Model Proyek
1)    Peserta didik mencoba merumuskan pertanyaan tentang cerpen
2)    Peserta didik mencoba menentukan unsur intrinsik cerpen
3)    Peserta didik mencoba menentukan struktur dan bahasa cerpen.
4)    Peserta didik menyusun rencana untuk membuat kliping cerpen dengan berbagai topik.
d.    Mengumpulkan data/ mengeksplorasi (Membuat jadwal untuk menyelesaikan proyek – tahap  Model Proyek)
1)    Peserta didik membuat jadwal untuk mengumpulkan cerpen.
2)    Peserta didik merencanakan kegiatan membuat kliping cerpen
3)    Peserta didik menentukan jenis hiasan untuk menempel cerpen di mading kelompok.
e.    Evaluasi pengalaman- Tahap 5 Model Proyek)
1)    Peserta didik menceritakan inti sari cerpen yang dikumpulkannya
2)    Peserta didik mengemukakan berbagai kendala yang dialami ketika mencari dan menilai cerpen yang layak untuk dijadikan kliping.
f.     Menguji hasil- Tahap 6 Model Proyek dan  Monitoring – Tahap 7 Model Proyek
1)    Peserta didik memamerkan kliping cerpen kelompok di kelas
2)    Peserta didik saling berkunjung ke kelompok lain
3)    Peserta didik menilai kliping karya kelompok lain
4)    Peserta  didik menceritakan proses membuat kliping dan tanggal serta tempat merencanakan, menempel, serta membuat mading dalam kelompok.
5)    Peserta didik memberi tanggapan baik berupa pertanyaan, sanggahan atau dukungan secara santun.
6)     Penguatan dari pendidik
3.       Kegiatan Penutup (10 menit)
1.     Peserta didik membuat rangkuman.
2.    Peserta didik dengan panduan pendidik melakukan refleksi, misalnya mereviu bagian mana yang perlu dijelaskan lebih lanjut.
3.    Peserta didik mencatat informasi tentang tugas untuk pertemuan kedua, yaitu tiap kelompok  menonton satu film/drama.
4.    Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.
 selanjutnya....
Share this article :
Share on FB Tweet Share on G+ Submit to Digg
Budiyono di 10:03 AM

0 komentar:

Post a Comment

mohon meninggalkan komentar

Newer Post Older Post Home
View mobile version

Popular Post

  • Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Kompetensi Inti ( KI )   dan Kompetensi Dasar ( KD ) Kurikulum 2013 Kompetensi Inti dan Kompetensi Da...
  • Penguatan Tata Kelola dan Pendalaman/Perluasan Materi Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Penguatan Tata Kelola dan Pendalaman/Perluasan Materi Kurikulum 2013 Penyusunan kurikulum 2013 dimulai ...
  • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek
    Budiyono Dion, Kurikulum Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek   Pertemuan kedua 1.      Pendahuluan ...
  • Tuntutan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Tuntutan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Tuntutan pebelajaran kurikulum 2013 menghendaki suatu proses...
  • Macam-Macam Genre Teks
    Budiyono Dion, Kurikulum Macam-Macam Genre Teks 1.     Teks Prosedur Fungsi sosial teks prosedur : memberikan petunjuk tentang...

Archives

  • ► 2015 (8)
    • ► February (6)
    • ► January (2)
  • ▼ 2014 (77)
    • ► December (1)
    • ► November (2)
    • ► October (2)
    • ▼ August (21)
      • Sistem Penilaian Kurikulum 2013 versus UN
      • lanjutan RPP 01
      • lanjutan RPP 01
      • RPP Bahasa Indonesia SMA XI Kurikulum 2013 (RPP 01)
      • Penilaian Pembelajaran Model Penemuan
      • Pertemuan Kedua Pembelajaran Model Penemuan
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Penemuan
      • Penilaian Pembelajaran Berbasis Masalah
      • Tugas 3 dan 4, Pembelajaran Berbasis Masalah
      • Lembar Kerja Siswa, Model Berbasis Masalah
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasi...
      • Instrumen Penilaian Sikap Pembelajaran Bahasa Indo...
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasi...
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasi...
      • Kegiatan Pembelajaran dengan menerapkan Pendekat...
      • Lembar Kerja, PERANCANGAN penerapan MODEL-model pa...
      • Lembar Kerja, Kegiatan Pembelajaran dengan mener...
      • PERANCANGAN PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MO...
      • Format Perancangan Model Pembelajaran Discovery ...
      • Kompetensi yang Dicapai
      • Perancangan Pembelajaran dan Penilaian
    • ► July (3)
    • ► June (35)
    • ► May (7)
    • ► April (1)
    • ► March (5)

Followers

Preview Subscription

Subscribe to KURIKULUM by Email
KURIKULUM© 2014. All Rights Reserved. Template By Seocips.com
SEOCIPS Areasatu Adasenze Tempate Tipeex.com Publisher by Kurikulum