KURIKULUM

Kurikulum, RPP, Silabus dan Pengembangannya

  • Home
  • Kurikulum
  • Info K13
  • Silabus
  • RPP
  • Pembelajaran K13
  • Penilaian K13
  • Privacy
  • Daftar Isi

Random Post

About Me

My Photo
Budiyono
saya seorang guru yang ingin bermanfaat bagi sesama dalam hidupku, terus beramal menebarkan kebaikan
View my complete profile

Email Subscriptions

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.
Home » Kurikulum » Pengertian Kurikulum

Pengertian Kurikulum

Written By Budiyono on Sunday, March 23, 2014 | 4:16 PM



                                                      Pengertian Kurikulum

Kurikulum mempunyai kedudukan sentral dalam seluruh proses pendidikan. Kurikulum mengarahkan segala bentuk aktivitas pendidikan demi tercapainya tujuan-tujuan pendidikan. Kurikulum juga merupakan suatu rencana pendidikan, memberikan pedoman dan pegangan tentang jenis, lingkup, dan urutan isi, serta proses pendidikan (Sukmadinata, 2007:4).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 19, menyebutkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.
Ada beberapa pendapat ahli tentang pengertian kurikulum. Kurikulum dalam arti sempit adalah sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh oleh siswa (peserta didik) untuk mencapai ijazah. Dengan demikian kurikulum sering dipandang sebagai rencana pelajaran untuk siswa (Nana Sudjana, 1989:2). Sedangkan dalam arti luas menurut William B. Ragan (dalam Nasution, 2001:5), tidak hanya terbatas pada sekumpulan bahan pelajaran, akan tetapi meliputi seluruh program dan kehidupan dalam sekolah, serta segala pengalaman belajar siswa dalam kelas. Seperti hubungan sosial antara guru dan siswa, metode mengajar, dan cara mengevaluasi di bawah tanggung jawab sekolah.
Kurikulum dapat dipandang sebagai suatu rencana belajar. Oleh karena itu, konsep-konsep tentang belajar dan perkembangan individu dapat mewamai bentuk-bentuk kurikulum. Kurikulum sebagai rencana mencakup tujuan, materi, organisasi kegiatan dan penilaian hasil belajar.
Menurut Ragan (dalam Oemar, 2001:17), kurikulum meliputi keseluruhan program dan pengalaman belajar yang diberikan kepada peserta didik di bawah tanggung jawab sekolah, yang tidak hanya terbatas pada sejumlah mata pelajaran tetapi juga sejumlah pengalaman di luar mata pelajaran potensial (tertulis) mencakup sikap, moral, norma dan lain-lain. Hal ini senada dengan pendapat yang mengartikan bahwa kurikulum adalah semua hal dan semua orang yang terlibat dalam memeberikan bantuan kepada siswa termasuk ke dalam kurikulum.
Pengertian kurikulum dalam penelitian ini dibatasi pada pengertian dalam aspek kegiatan, yakni  kegiatan mengaktualisasikan kurikulum potensial menjadi aktual di sekolah, yang diwujudkan ke dalam kegiatan nyata yang terjadi dalam proses pembelajaran di kelas. Proses pembelajaran sebagai wujud nyata kurikulum potensial memiliki komponen-komponen: tujuan, bahan pelajaran, proses belajar mengajar, dan evaluasi. Keempat komponen tersebut saling terkait. Tujuan menentukan bahan apa yang akan dipelajari, bagaimana proses belajarnya, dan apa yang harus dievaluasi. Oleh karena itu, guru sebagai pelaksana atau pengembang kurikulum di sekolah diharapkan mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum yang berlaku.
Share this article :
Share on FB Tweet Share on G+ Submit to Digg
Budiyono di 4:16 PM

0 komentar:

Post a Comment

mohon meninggalkan komentar

Newer Post Home

Popular Post

  • Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Kompetensi Inti ( KI )   dan Kompetensi Dasar ( KD ) Kurikulum 2013 Kompetensi Inti dan Kompetensi Da...
  • Penguatan Tata Kelola dan Pendalaman/Perluasan Materi Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Penguatan Tata Kelola dan Pendalaman/Perluasan Materi Kurikulum 2013 Penyusunan kurikulum 2013 dimulai ...
  • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek
    Budiyono Dion, Kurikulum Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek   Pertemuan kedua 1.      Pendahuluan ...
  • Tuntutan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Tuntutan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Tuntutan pebelajaran kurikulum 2013 menghendaki suatu proses...
  • Macam-Macam Genre Teks
    Budiyono Dion, Kurikulum Macam-Macam Genre Teks 1.     Teks Prosedur Fungsi sosial teks prosedur : memberikan petunjuk tentang...

Archives

  • ► 2015 (8)
    • ► February (6)
    • ► January (2)
  • ▼ 2014 (77)
    • ► December (1)
    • ► November (2)
    • ► October (2)
    • ► August (21)
    • ► July (3)
    • ► June (35)
    • ► May (7)
    • ► April (1)
    • ▼ March (5)
      • langkah-langkah pengembangan silabus
      • Pengembangan Silabus
      • Prinsip Pelaksanaan Kurikulum
      • Prinsip Pengembangan Kurikulum
      • Pengertian Kurikulum

Followers

Preview Subscription

Subscribe to KURIKULUM by Email
KURIKULUM© 2014. All Rights Reserved. Template By Seocips.com
SEOCIPS Areasatu Adasenze Tempate Tipeex.com Publisher by Kurikulum