KURIKULUM

Kurikulum, RPP, Silabus dan Pengembangannya

  • Home
  • Kurikulum
  • Info K13
  • Silabus
  • RPP
  • Pembelajaran K13
  • Penilaian K13
  • Privacy
  • Daftar Isi

Random Post

About Me

My Photo
Budiyono
saya seorang guru yang ingin bermanfaat bagi sesama dalam hidupku, terus beramal menebarkan kebaikan
View my complete profile

Email Subscriptions

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.
Home » Kurikulum » Pembelajaran K13 » Macam-Macam Genre Teks

Macam-Macam Genre Teks

Written By Budiyono on Friday, June 27, 2014 | 8:22 AM

Budiyono Dion, Kurikulum



Macam-Macam Genre Teks

1.    Teks Prosedur
Fungsi sosial teks prosedur : memberikan petunjuk tentang cara melakukan sesuatu melalui serangkaian tindakan atau langkah/menunjukkan beberapa tahap sesuai dengan langkah langkah yang telah ditentukan. Ada perintah, arah, petunjuk, panduan, aturan, dan resep.
Struktur teks prosedur:  1) tujuan kegiatan, b) bahan-bahan, dan c) langkah-langkah.
Ciri-ciri kebahasaan teks prosedur.
a.    Pola kalimatnya Imperatif atau kalimat perintah. Misalnya: ambillah, potong, sambunglah,
b.    Pola kalimatnya biasanya connectives, maksudnya untuk    mengurutkan kegiatan. Misalnya: kemudian, setelah itu.
c.    Adverbials, yaitu menyatakan rinci waktu, tempat, cara yang akurat. Misalnya: tunggu beberapa saat.

2.    Teks Deskripsi Faktual      
Fungsi sosial: Menggambarkan ciri khas tertentu, tempat, orang, atau benda. Teks-teks ini tidak selalu berupa jenis teks 'berbeda dan sering terselip di dalam jenis teks yang lebih panjang’.
3. Teks Laporan
a. Teks Laporan Informasi            
Fungsi sosial: digunakan untuk memberi informasi umum tentang berbagai kelas benda, seperti ular, kota, komputer, batu, dan lain-lain.
b. Teks Melaporkan Prosedur
•   Fungsi sosial: Untuk merekam langkah-langkah yang ditempuh dalam melaksanakan investigasi.
·      Khususnya sangat penting untuk merekam pengalaman belajar praktis dalam sains dan teknologi seperti eksperimen dan pengumpulan data.
c. Teks Melaporkan Fakta
•   Fungsi sosial:  menceritakan tentang 'apa yang terjadi' dengan mendokumentasikan serangkaian peristiwa dan mengevaluasi signifikansinya.
•   Teks dapat menceritakan sejarah, otobiografi, atau biografi. Selain itu juga dapat digunakan untuk merekam peristiwa dan pengamatan dalam kunjungan lapangan dan wisata.
d.   Teks Pelaporan Sastrawi
Fungsi sosial: untuk menceritakan kembali serangkaian kegiatan dengan tujuan menghibur.
Pelaporan sastrawi melibatkan pengalaman pribadi atau imajinasi.
e.    Teks Penjelasan
•   Fungsi sosial: untuk menjelaskan secara ilmiah bagaimana fenomena teknologi dan alam terwujud, bagaimana cara atau hal-hal terjadi.
•   Penjelasan sekuensial menekankan pada urutan atau tahap-tahap suatu proses -bagaimana proses terjadi (misalnya siklus hidup kupu-kupu).
•   Penjelasan kausal memberi perhatian penyebab peristiwa-peristiwa -mengapa proses terjadi (misalnya mengapa gelombang pasang terjadi).
f.       Teks Eksposisi
•   Eskposisi (penjelasan terperinci/perawian) adalah jenis teks persuasif yang berdebat suatu kasus atau terhadap suatu sudut pandang tertentu.
•   Beberapa eksposisi membujuk pembaca untuk berpikir dengan cara tertentu dengan menerima teori atau posisi.
•   Jenis lainnya membujuk pembaca untuk bertindak dengan cara tertentu.
g.      Teks Diskusi
•   Fungsi sosial:  digunakan untuk melihat suatu masalah dari berbagai perspektif, sebelum membuat keputusan atau rekomendasi.

h.    Teks Deskripsi Sastrawi
•   Fungsi sosial: menggambarkan ciri karakteristik dari orang tertentu, tempat atau objek (sering imajinatif).
•   Teks ini tidak selalu merupakan jenis teks yang 'berbeda' dan sering menjadi bagian dalam teks-teks sastra seperti narasi.
i.      Teks Narasi
•   Fungsi sosial: untuk menyampaikan pesan tentang bagaimana seseorang mengungkapkan kehidupan yang pernah dialami dalam suatu kejadian. Narasi sering menyampaikan pesan tentang bagaimana orang-orang diharapkan untuk berperilaku ketika dihadapkan pada jenis budaya tertentu kita
•   Struktur teks narasi: orientasi”, “komplikasi”, “evaluasi”, dan  resolusi”.
j.   Teks Tanggapan
•   Fungsi sosial: untuk meringkas, menganalisis, dan menanggapi sastra, teks karya seni atau pertunjukan.
•   Teks ini dapat beupa respon pribadi atau reviu.
Share this article :
Share on FB Tweet Share on G+ Submit to Digg
Budiyono di 8:22 AM

0 komentar:

Post a Comment

mohon meninggalkan komentar

Newer Post Older Post Home

Popular Post

  • Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Kompetensi Inti ( KI )   dan Kompetensi Dasar ( KD ) Kurikulum 2013 Kompetensi Inti dan Kompetensi Da...
  • Penguatan Tata Kelola dan Pendalaman/Perluasan Materi Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Penguatan Tata Kelola dan Pendalaman/Perluasan Materi Kurikulum 2013 Penyusunan kurikulum 2013 dimulai ...
  • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek
    Budiyono Dion, Kurikulum Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek   Pertemuan kedua 1.      Pendahuluan ...
  • Tuntutan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Tuntutan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Tuntutan pebelajaran kurikulum 2013 menghendaki suatu proses...
  • Macam-Macam Genre Teks
    Budiyono Dion, Kurikulum Macam-Macam Genre Teks 1.     Teks Prosedur Fungsi sosial teks prosedur : memberikan petunjuk tentang...

Archives

  • ► 2015 (8)
    • ► February (6)
    • ► January (2)
  • ▼ 2014 (77)
    • ► December (1)
    • ► November (2)
    • ► October (2)
    • ► August (21)
    • ► July (3)
    • ▼ June (35)
      • Macam-Macam Genre Teks
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013 B...
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA pada Kurikulum 2013
      • Kurikulum 2013 dan Kemajuan Teknologi
      • Mekanisme dan Prosedur Penilaian
      • Prinsip dan Pendekatan Penilaian
      • Pengertian Penilaian dan Penilaian Autentik
      • Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013
      • Prinsip Proses Pembelajaran PBL
      • Model Pembelajaran Berbasis Masalah
      • Model Pembelajaran Penemuan (discovery Learning)
      • Sistem Penilaian dalam Model Pembelajaran Proyek
      • Model Pembelajaran Berbasis Proyek
      • Tahap Menanya dalam Pendekatan Saintifik Kurikum 2013
      • Tahap Mengamati dalam Pendekatan Saintifik Kurikul...
      • Pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013
      • Contoh keterkaitan KD dari KI3 dan KI4 dengan KD d...
      • Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) K...
      • Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) K...
      • Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) K...
      • Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) K...
      • Standar Isi Kurikulum 2013
      • Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Kurikulum 2013
      • Elemen-Elemen Perubahan Kurikulum 2013
      • Struktur Kurikulum 2013 untuk SMA/MA
      • DIY Memasukan Materi Kebencanaan dalam Kurikulum 2013
      • Dampak penerapan Kurikulum 2013 pada Kurikulum FKIP
      • Penting Ilmu atau Seragam
      • Prinsip Pengembangan Kurikulum 2013
      • Proses Pembelajaran Kurikulum 2013
      • Karakteristik Kurikulum 2013
      • Penguatan Tata Kelola dan Pendalaman/Perluasan Mat...
      • Penyempurnaan Pola Pikir
      • Rasional dan Elemen Perubahan Kurikulum 2013
      • Memahami Kurikulum 2013
    • ► May (7)
    • ► April (1)
    • ► March (5)

Followers

Preview Subscription

Subscribe to KURIKULUM by Email
KURIKULUM© 2014. All Rights Reserved. Template By Seocips.com
SEOCIPS Areasatu Adasenze Tempate Tipeex.com Publisher by Kurikulum