KURIKULUM

Kurikulum, RPP, Silabus dan Pengembangannya

  • Home
  • Kurikulum
  • Info K13
  • Silabus
  • RPP
  • Pembelajaran K13
  • Penilaian K13
  • Privacy
  • Daftar Isi

Random Post

About Me

My Photo
Budiyono
saya seorang guru yang ingin bermanfaat bagi sesama dalam hidupku, terus beramal menebarkan kebaikan
View my complete profile

Email Subscriptions

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.
Home » Kurikulum » Standar Isi Kurikulum 2013

Standar Isi Kurikulum 2013

Written By Budiyono on Tuesday, June 17, 2014 | 3:02 PM

Budiyono Dion, Kurikulum



Standar Isi  Kurikulum 2013


Standar Kompetensi Lulusan merupakan kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Untuk mencapai kompetensi lulusan tersebut perlu ditetapkan Standar Isi.  Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 tentang Standar Nasional Pendidikan ditetapkan bahwa Standar Isi adalah kriteria mengenai ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Ruang lingkup materi dirumuskan berdasarkan criteria muatan wajib yang ditetapkan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, konsep keilmuan, dan karakteristik satuan pendidikan dan program pendidikan. Selanjutnya, tingkat kompetensi dirumuskan berdasarkan kriteria tingkat perkembangan peserta didik, kualifikasi kompetensi Indonesia, dan penguasaan kompetensi yang berjenjang.
Tingkat Kompetensi dan ruang lingkup materi SMA/MA/SMALB/PAKET C, dan SMK/MAK/ PAKET C Kejuruan mata peajaran bahasa Indonesia berdasarkan Permendikbud nomor 64 tahun 2013 tentang Standar Isi adalah sebagai berikut.

Tingkat Kompetensi
Kelas
Kompetensi
Ruang Lingkup Materi
5
 X-XI
-  Memiliki perilaku jujur, tanggung
jawab, peduli, responsif, dan
santun dalam menggunakan
bahasa Indonesia untuk
menanggapi fenomena alam dan
sosial
-  Mengenal konteks budaya dan
konteks sosial, satuan
kebahasaan, serta unsur
paralinguistik dalam penyajian
teks
-  Memahami bentuk, struktur, dan
kaidah teks dalam genre cerita,
faktual, dan tanggapan
-  Membandingkan dan
menganalisis teks dalam genre
cerita, faktual, dan tanggapan
-  Mengklasifikasi teks dalam genre
cerita, faktual, dan tanggapan
-    Memilih teks sesuai dengan genre
untuk mengungkapkan gagasan
-   Menemukan makna teks dalam
genre faktual, tanggapan, dan
cerita
-  Menyajikan teks dalam genre
faktual, tanggapan, dan cerita
secara lisan dan tulis dan
menyuntingnya
-  Mengabstraksi teks dalam genre
faktual, tanggapan, dan cerita
secara lisan dan tulis
-  Mengalihkan teks dalam genre
   faktual, tanggapan, dan cerita secara lisan dan tulis ke dalam bentuk lain
-    Bentuk teks genre cerita (teks
anekdot, pantun, cerita ulang),
faktual (laporan hasil observasi,
eksposisi, prosedur kompleks,
eksplanasi kompleks), dan
tanggapan (teks negosiasi dan
reviu film/drama)
-  Struktur teks bergenre cerita
(teks anekdot, pantun, cerita
ulang), faktual (laporan hasil
observasi, prosedur kompleks,
eksplanasi kompleks), dan
tanggapan (teks negosiasi dan
reviu film/drama)
- Konteks budaya dan situasi yang
melatarbelakangi lahirnya
sebuah teks
-  Satuan bahasa pembentuk teks:
bunyi bahasa, fonem, suku kata,
morf, kata, kelas kata, diksi,
frasa
-  Penanda kebahasaan dalam teks
-  Paralinguistik (lafal, kelantangan,
intonasi, tempo, gestur, dan
mimik)

6
XII
-                                                              Memiliki sikap jujur, disiplin,
peduli, dan santun dalam
menanggapi fenomena alam dan
sosial
- Mengenal konteks budaya dan
konteks sosial, satuan
kebahasaan, serta unsur
paralinguistik dalam penyajian teks
Memahami bentuk, struktur, dan
kaidah teks dalam genre cerita,
faktual, dan tanggapan
- Membandingkan dan
menganalisis teks dalam genre
cerita, faktual, dan tanggapan
- Menemukan makna teks dalam
genre faktual, tanggapan, dan
cerita
- Mengklasifikasi teks dalam genre
cerita, faktual, dan tanggapan
- Memilih teks dalam genre
faktual, tanggapan, dan cerita
untuk mengungkapkan gagasan
- Menyajikan teks dalam genre
faktual, tanggapan, dan cerita
secara lisan dan tulis dan
menyuntingnya
- Mengabstraksi teks dalam genre
faktual, tanggapan, dan cerita
secara lisan dan tulis
- Mengalihkan teks dalam genre
faktual, tanggapan, dan cerita
secara lisan dan tulis ke dalam bentuk lain
-Bentuk teks genre cerita (teks
cerita sejarah, novel), faktual
(berita), dan tanggapan (teks
iklan, editorial/opini)
- Struktur dan fitur bahasa teks
genre cerita (teks anekdot,
pantun, cerita ulang ), faktual (
laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, eksplanasi kompleks),
dan tanggapan (teks negosiasi)
Konteks budaya dan situasi yang
melatarbelakangi lahirnya
sebuah teks
- Satuan bahasa pembentuk teks:
klausa, kalimat inti, kalimat
tunggal, kalimat majemuk
- Penanda kebahasaan dalam teks
- Paralinguistik (lafal, kelantangan,
intonasi, tempo, gestur, dan
mimik)


Share this article :
Share on FB Tweet Share on G+ Submit to Digg
Budiyono di 3:02 PM

0 komentar:

Post a Comment

mohon meninggalkan komentar

Newer Post Older Post Home

Popular Post

  • Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Kompetensi Inti ( KI )   dan Kompetensi Dasar ( KD ) Kurikulum 2013 Kompetensi Inti dan Kompetensi Da...
  • Penguatan Tata Kelola dan Pendalaman/Perluasan Materi Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Penguatan Tata Kelola dan Pendalaman/Perluasan Materi Kurikulum 2013 Penyusunan kurikulum 2013 dimulai ...
  • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek
    Budiyono Dion, Kurikulum Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek   Pertemuan kedua 1.      Pendahuluan ...
  • Tuntutan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Tuntutan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Tuntutan pebelajaran kurikulum 2013 menghendaki suatu proses...
  • Macam-Macam Genre Teks
    Budiyono Dion, Kurikulum Macam-Macam Genre Teks 1.     Teks Prosedur Fungsi sosial teks prosedur : memberikan petunjuk tentang...

Archives

  • ► 2015 (8)
    • ► February (6)
    • ► January (2)
  • ▼ 2014 (77)
    • ► December (1)
    • ► November (2)
    • ► October (2)
    • ► August (21)
    • ► July (3)
    • ▼ June (35)
      • Macam-Macam Genre Teks
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013 B...
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA pada Kurikulum 2013
      • Kurikulum 2013 dan Kemajuan Teknologi
      • Mekanisme dan Prosedur Penilaian
      • Prinsip dan Pendekatan Penilaian
      • Pengertian Penilaian dan Penilaian Autentik
      • Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013
      • Prinsip Proses Pembelajaran PBL
      • Model Pembelajaran Berbasis Masalah
      • Model Pembelajaran Penemuan (discovery Learning)
      • Sistem Penilaian dalam Model Pembelajaran Proyek
      • Model Pembelajaran Berbasis Proyek
      • Tahap Menanya dalam Pendekatan Saintifik Kurikum 2013
      • Tahap Mengamati dalam Pendekatan Saintifik Kurikul...
      • Pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013
      • Contoh keterkaitan KD dari KI3 dan KI4 dengan KD d...
      • Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) K...
      • Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) K...
      • Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) K...
      • Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) K...
      • Standar Isi Kurikulum 2013
      • Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Kurikulum 2013
      • Elemen-Elemen Perubahan Kurikulum 2013
      • Struktur Kurikulum 2013 untuk SMA/MA
      • DIY Memasukan Materi Kebencanaan dalam Kurikulum 2013
      • Dampak penerapan Kurikulum 2013 pada Kurikulum FKIP
      • Penting Ilmu atau Seragam
      • Prinsip Pengembangan Kurikulum 2013
      • Proses Pembelajaran Kurikulum 2013
      • Karakteristik Kurikulum 2013
      • Penguatan Tata Kelola dan Pendalaman/Perluasan Mat...
      • Penyempurnaan Pola Pikir
      • Rasional dan Elemen Perubahan Kurikulum 2013
      • Memahami Kurikulum 2013
    • ► May (7)
    • ► April (1)
    • ► March (5)

Followers

Preview Subscription

Subscribe to KURIKULUM by Email
KURIKULUM© 2014. All Rights Reserved. Template By Seocips.com
SEOCIPS Areasatu Adasenze Tempate Tipeex.com Publisher by Kurikulum