KURIKULUM

Kurikulum, RPP, Silabus dan Pengembangannya

  • Home
  • Kurikulum
  • Info K13
  • Silabus
  • RPP
  • Pembelajaran K13
  • Penilaian K13
  • Privacy
  • Daftar Isi

Random Post

About Me

My Photo
Budiyono
saya seorang guru yang ingin bermanfaat bagi sesama dalam hidupku, terus beramal menebarkan kebaikan
View my complete profile

Email Subscriptions

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.
Home » Info K13 » Dampak penerapan Kurikulum 2013 pada Kurikulum FKIP

Dampak penerapan Kurikulum 2013 pada Kurikulum FKIP

Written By Budiyono on Monday, June 16, 2014 | 4:20 PM

Budiyono Dion, Kurikulum



Dampak penerapan Kurikulum 2013 pada Kurikulum FKIP

Dampak penerapan Kurikulum 2013 di seluruh sekolah di Indonesia mulai tahun ajaran baru 2014/2014 membuat Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di berbagai PT melakukan penyesuaian dan pembaharuan kurikulum.
Hal itu disampaikan Furqon Hidayatullah kepada wartawan Suara Merdeka. Koordinator Forum FKIP Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia, Furqon Hidayatullah mengemukakan, pembaharuan tersebut mengacu tiga hal, yakni erangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Kurikulum 2013, dan Pendidikan Profesi Guru (PPG)
“PPG ini bagaimana kurikulum itu harus nyambung mulai dari S1 sampai ke PPG. Nah itu harus dirancang untuk itu dan butuh waktu, tidak bisa yang dalam waktu singkat,” kata Furqon.
Dijelaskan,  KKNI sebagai acuan pelevelan kualifikasi, kemudian Kurikulum 2013 wajib dipahami mengingat nantinya lulusan FKIP merupakan pelaksana kurikulum tersebut. Terlebih lagi nanti saat PPG lulusan FKIP akan langsung mengikuti latihan tanpa proses matrikulasi. Sehingga diharapkan lulusan FKIP benar-benar memahami Kurikulum 2013.
“Perubahan kurikulum di FKIP juga berkaitan dengan Kurikulum 2013. Sebab kalau nggak disesuaikan kan timpang karena Kurikulum 2013 ini kebutuhan pasar,” tutur dia.
Lebih lanjut, pria yang juga menjabat Dekan FKIP UNS ini menjelaskan ada keterampilan proses menjadi bagian penting yang harus dipertajam dalam peralihan ke Kurikulum 2013. Sebab, keterampilan proses berdampak pada tiga aspek, yakni afektif, kognitif, dan psikomotorik.
Sehingga nantinya tidak lagi teacher centering tapi student centering. Baik mahasiswa maupun peserta didik dituntut aktif untuk mewujudkan independent learning.
“Pembentukan afektif belajar itu penting, bagaimana guru menumbuhkan semangat belajar, bukan belajarnya. Karena semangat belajar lebih penting," tegasnya.
Share this article :
Share on FB Tweet Share on G+ Submit to Digg
Budiyono di 4:20 PM

0 komentar:

Post a Comment

mohon meninggalkan komentar

Newer Post Older Post Home

Popular Post

  • Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Kompetensi Inti ( KI )   dan Kompetensi Dasar ( KD ) Kurikulum 2013 Kompetensi Inti dan Kompetensi Da...
  • Penguatan Tata Kelola dan Pendalaman/Perluasan Materi Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Penguatan Tata Kelola dan Pendalaman/Perluasan Materi Kurikulum 2013 Penyusunan kurikulum 2013 dimulai ...
  • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek
    Budiyono Dion, Kurikulum Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek   Pertemuan kedua 1.      Pendahuluan ...
  • Tuntutan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Tuntutan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Tuntutan pebelajaran kurikulum 2013 menghendaki suatu proses...
  • Macam-Macam Genre Teks
    Budiyono Dion, Kurikulum Macam-Macam Genre Teks 1.     Teks Prosedur Fungsi sosial teks prosedur : memberikan petunjuk tentang...

Archives

  • ► 2015 (8)
    • ► February (6)
    • ► January (2)
  • ▼ 2014 (77)
    • ► December (1)
    • ► November (2)
    • ► October (2)
    • ► August (21)
    • ► July (3)
    • ▼ June (35)
      • Macam-Macam Genre Teks
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013 B...
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA pada Kurikulum 2013
      • Kurikulum 2013 dan Kemajuan Teknologi
      • Mekanisme dan Prosedur Penilaian
      • Prinsip dan Pendekatan Penilaian
      • Pengertian Penilaian dan Penilaian Autentik
      • Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013
      • Prinsip Proses Pembelajaran PBL
      • Model Pembelajaran Berbasis Masalah
      • Model Pembelajaran Penemuan (discovery Learning)
      • Sistem Penilaian dalam Model Pembelajaran Proyek
      • Model Pembelajaran Berbasis Proyek
      • Tahap Menanya dalam Pendekatan Saintifik Kurikum 2013
      • Tahap Mengamati dalam Pendekatan Saintifik Kurikul...
      • Pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013
      • Contoh keterkaitan KD dari KI3 dan KI4 dengan KD d...
      • Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) K...
      • Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) K...
      • Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) K...
      • Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) K...
      • Standar Isi Kurikulum 2013
      • Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Kurikulum 2013
      • Elemen-Elemen Perubahan Kurikulum 2013
      • Struktur Kurikulum 2013 untuk SMA/MA
      • DIY Memasukan Materi Kebencanaan dalam Kurikulum 2013
      • Dampak penerapan Kurikulum 2013 pada Kurikulum FKIP
      • Penting Ilmu atau Seragam
      • Prinsip Pengembangan Kurikulum 2013
      • Proses Pembelajaran Kurikulum 2013
      • Karakteristik Kurikulum 2013
      • Penguatan Tata Kelola dan Pendalaman/Perluasan Mat...
      • Penyempurnaan Pola Pikir
      • Rasional dan Elemen Perubahan Kurikulum 2013
      • Memahami Kurikulum 2013
    • ► May (7)
    • ► April (1)
    • ► March (5)

Followers

Preview Subscription

Subscribe to KURIKULUM by Email
KURIKULUM© 2014. All Rights Reserved. Template By Seocips.com
SEOCIPS Areasatu Adasenze Tempate Tipeex.com Publisher by Kurikulum