Budiyono Dion, Kurikulum
Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
Kurikulum 2013 Kelas
XII
Kelas XII
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi
dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis
melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi
dalam novel
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi
dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui
teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam
novel
|
2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagaicerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, responsif dan santun dalam menggunakan
bahasa Indonesia untuk menyampaikan cerita sejarah tentang tokoh-tokoh
nasional dan internasional
2.2 Menunjukkan perilaku
tanggung jawab, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
memahami dan menyampaikan berita
2.3 Menunjukkan perilaku
jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
memahami dan menyampaikan penjelasan dan ajakan
2.4 Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
memaparkan editorial/opinin tentang konflik sosial, politik, ekonomi,
kebijakan publik, dan lingkungan hidup
2.5 Menunjukkan perilaku
jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia
untuk memahami dan menyajikan cerita fiksi dalam novel
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan
|
3.1 Memahami struktur
dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita
fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan teks
cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks
cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks
cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
berdasarkan kaidah-kaidah baik melalui lisan maupun tulisan
|
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1 Menginterpretasi makna
teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam
novel baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik
secara lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel ke
dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan
|
0 komentar:
Post a Comment
mohon meninggalkan komentar