Budiyono Dion, Kurikulum
Contoh
keterkaitan KD dari KI3 dan KI4 dengan KD dari KI1 dan KI2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester: X1/2
Materi Pokok : Teks
Cerita Pendek
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut
|
1.3 Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam mengolah, menalar,
dan menyajikan informasi lisan dan
tulis melalui cerita pendek, pantun,
cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleransi, damai ) santun responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulandunia
|
2.5 Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun,
dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk menyampaikan penjelasan
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prose-dural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.2 Membandingkan teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu
film/drama
baik melalui lisan maupun tulisan
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.2 Memproduksi teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu
film/drama yang koheren sesuai dengan karakteristik yang akan
dibuat baik secara lisan mupun tulisan
|
A. Strategi Implementasi
1.
Pelaksanaan
kurikulum di seluruh sekolah dan jenjang pendidikan sebagai berikut.
- Juli 2013: Kelas
I, IV, VII, dan X: terbatas pada sejumlah SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/ SMK/MAK.
Ini adalah tahun pertama implementasi dan dilakukan di seluruh wilayah NKRI.
- Juli 2014: Kelas
I, II, IV, V, VII, VIII, X, dan XI tahun 2014: adalah tahun kedua implementasi.
Pada tahun kedua ini, hanya kelas terakhir SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK yang belum
melaksanakan kurikulum.
-
Juli
2015: seluruh kelas dan seluruh sekolah SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK telah
melaksanakan sepenuhnya Kurikulum 2013.
2.
Pelatihan
Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas, dimulai dari tahun 2013-2015. Seluruh guru,
kepala sekolah dan pengawas di seluruh Indonesia sudah mendapatkan pelatihan
untuk melaksanakan kurikulum.
3.
Pengembangan
buku, dari tahun 2013-2015. Pada prinsipnya ketika implementasi Kurikulum 2013
memasuki tahun 2015-2016 seluruh buku sudah teredia di setiap sekolah.Buku
terdiri atas buku untuk peserta didik dan buku untuk guru. Isi buku guru adalah
sama dengan buku peserta didik dengan tambahan strategi pembelajaran dan
penilaian hasil belajar.
4.
Implementasi
Kurikulum 2013 mensyaratkan penataan administrasi, manajemen, kepemimpinan dan
budaya kerja guru yang baru. Oleh karena itu dalam persiapan implementasi
Kurikulum 2013, pelatihan juga berkenaan dengan tata kerja baru para guru dan
kepemimpinan kepala sekolah.
5.
Pendampingan
dalam bentuk Monitoring dan Evaluasi untuk menemukan kesulitan dan masalah
implementasi dan upaya penanggulangan dimulai Juli 2013-2016. Pada akhir tahun
ketiga implementasi diharapkan permasalahan yang dihadapi para pelaksana sudah
tidak lagi merupakan masalah mendasar dan kurikulum sudah dapat dilaksanakan
sebagaimana seharusnya.
0 komentar:
Post a Comment
mohon meninggalkan komentar