Budiyono Dion, Kurikulum
Sistem Penilaian Model Pembelajaran Proyek
Penilaian pembelajaran berbasis
proyek harus diakukan secara menyeluruh terhadap sikap, pengetahuan dan
keterampilan yang diperoleh siswa selama pembelajaran. Penilaian tersebut dapat dijelaskan sebagai
berikut.
Penilaian
proyekpada
model ini merupakan kegiatan
penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu
tertentu. Tugas tersebut berupa suatu investigasi sejak dari perencanaan,
pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan dan penyajian data. Penilaian
proyek dapat digunakan untuk mengetahui pemahaman, kemampuan mengaplikasikan,
kemampuan penyelidikan dan kemampuan menginformasikan peserta didik pada mata
pelajaran tertentu secara jelas.
Pada penilaian proyek setidaknya ada 3 hal yang perlu
dipertimbangkan yaitu:
1)
Kemampuan pengelolaan : Kemampuan peserta didik dalam memilih
topik, mencari informasi dan mengelola waktu pengumpulan data serta penulisan
laporan.
2)
Relevansi: Kesesuaian
dengan mata pelajaran, dengan mempertimbangkan tahap pengetahuan, pemahaman dan
keterampilan dalam pembelajaran.
3)
Keaslian: Proyek
yang dilakukan peserta didik harus merupakan hasil karyanya, dengan
mempertimbangkan kontribusi guru berupa petunjuk dan dukungan terhadap proyek
peserta didik.
Penilaian proyek dilakukan mulai dari
perencanaan, proses pengerjaan, sampai hasil akhir proyek. Untuk itu, guru
perlu menetapkan hal-hal atau tahapan yang perlu dinilai, seperti penyusunan
disain, pengumpulan data, analisis data, dan penyiapkan laporan tertulis.
Laporan tugas atau hasil penelitian juga dapat disajikan dalam bentuk poster.
Pelaksanaan penilaian dapat menggunakan alat/ instrumen penilaian berupa daftar
cek ataupun skala penilaian.
Contoh Teknik Penilaian Proyek
Mata Pelajaran :
Nama Proyek :
Alokasi Waktu :
Guru
Pembimbing :
Nama :
NIS :
Kelas :
|
Penilaian Pembelajarn berbasis Proyek juga dapat
dilakukan dengan menilai produk yang dihasilkan dari tugas proyek. Penilaian
produk dilakukan untuk menilai proses pembuatan dan kualitas`suatu produk yang
dihasilkan oleh peserta didik. Penilaian produk meliputi penilaian kemampuan
peserta didik membuat produk-produk teknologi maupun kary seni. Adapun contoh
format penilaian produk adalah sebagai berikut.
Contoh Format Penilaian Produk (Teknologi/Karya Seni)
Mata Ajar :
Nama Proyek :
Alokasi Waktu :
Nama Peserta
didik :
Kelas/SMT :
Catatan
:
*)
Skor diberikan dengan rentang skor 1 sampai dengan 5, dengan ketentuan
semakin lengkap jawaban dan ketepatan dalam proses pembuatan maka semakin
tinggi nilainya.
|
0 komentar:
Post a Comment
mohon meninggalkan komentar