Budiyono Dion, Kurikulum
Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan
Model Berbasis Proyek
Pertemuan kedua
1.
Pendahuluan (10 menit)
a. Salah seorang peserta
didik memimpin berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing- masing.
b.
Peserta
didik mendapatkan
motivasi.
c.
Pendidik menyampaikan apersepsi
dan kerangka acuan tentang rencana pembelajaran yang akn dilakukan.
d.
Peserta didik menyepakati kegiatan yang akan
dilakukan.
2.Kegiatan
Inti (70 menit)
Guru membentuk kelompok (5-6 siswa dalam satu
kelompok)
a.
Mengamati fenomena- Tahap 1 Model Proyek
i.
Peserta
didik menyimak film drama kehidupan
ii.
Peserta didik mengidentifikasi tokoh,
alur, latar, dan topik dikaitkan dengan kehidupan nyata.
b. Menentukan pertanyaan mendasar- Tahap 2 Model
Proyek
1) Peserta didik merumuskan pertanyaan yang penting untuk mengkritisi peristiwa yang terjadi
dalam film.
2) Peserta mendiskusikan unsur intrinsik film.
3) Peserta didik berdiskusi tentang struktur
isi film.
c.Menyusun jadwal perencanaan proyek- Tahap 3 Model Proyek
1)
Peserta
didik merumuskan tema cerpen
2)
Peserta
didik menyusun kerangka alur
cerpen
3)
Peserta
didik menyusun cerpen bersama
4)
Peserta didik mencoba saling menukarkan cerpen
dengan kelompok lain untuk dikomentari.
5)
Peserta didik mencoba membuat cerpen sendiri
berdasarkan pengalaman.
a. Mengumpulkan data/ mengeksplorasi (Membuat
jadwal untuk menyelesaikan proyek – Tahap 4 Model Proyek)
1)
Peserta
didik membuat jadwal untuk mengumpulkan cerpen karya sendiri.
2)
Peserta
didik merencanakan kegiatan membuat lomba menulis cerpen kelas.
3)
Peserta
didik menentukan tema cerpen yang dilombakan
4)
Peserta didik menentukan pengumpulan terakhir
untuk cerpen yang dilombakan.
5)
Peserta didik membentuk tim juri.
b.
Evaluasi pengalaman- Tahap 5 Model Proyek
1)
Peserta
didik menentukan paragraf pembuka (orientasi).
1) Peserta didik
menentukan paragraf paragraf isi (komplikasi).
2) Peserta didik menentukan
paragraf penutup (resolusi).
3) Peserta didik mengembangkan cerpen dengan struktur orientasi, komplikasi, dan
resolusi di kelas sebagai perlombaan
c.
Menguji hasil- Tahap 6 Model Proyek dan Monitoring – Tahap 7 Model Proyek
1)
Peserta didik memamerkan cerpen secara berkelompok pada mading kelas.
2)
Peserta
didik saling berkunjung ke kelompok lain.
3)
Peserta
didik menilai kliping karya kelompok lain.
4)
Peserta didik menceritakan proses membuat kliping dan
tanggal serta tempat merencanakan, menempel, serta membuat mading dalam
kelompok.
5)
Peserta didik memberi tanggapan baik berupa pertanyaan, sanggahan atau dukungan
secara santun.
6)
Peserta didik diajak tim juri memberikan komentar terhadap cerpen lain sebagai sebuah
pembelajaran.
7)
Tim juri mengulas kelebihan dan kekurangan
cerpen yang ditulis peserta didik.
8)
Pendidik
mengundang juri untuk menilai dan
mewawancarai peserta yang masuk final
untuk menceritakan proses menulis cerpen dan mengemukakan berbagai kendala yang dialaminya.
9)
Pendidik mengumumkan pemenang lomba cerpen
kelas.
10)Peserta didik pemenang mendapat apresiasi
hadiah dari pendidik.
2.
Penutup (10 menit)
a.
Salah
seorang peserta didik membacakan cerpennya.
b.
Guru
dan peserta didik menyimpulkan pembelajaran.
c.
Guru
dan peserta didik melalukan refleksi terkait dengan pembelajaran yang baru
berlangsung.
d.
Guru memberikan kuis sederhana untuk mengukur
ketercapaian pembelajaran hari ini.
e.
Guru
memberikan tugas untuk pengayaan atau remidi kepada peserta didik.
B.
Penilaian
Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
|
Pengamatan
Sikap
|
Lembar
Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
Tes
Tertulis
|
Tes Uraian
dan Pilihan
|
Tes Unjuk
Kerja
|
Tes Uji
Petik Kerja dan Rubrik
|
0 komentar:
Post a Comment
mohon meninggalkan komentar