Budiyono Dion, Kurikulum
Pertemuan
Kedua Pembelajaran Model Penemuan
Pemberian rangsangan
·
Identifikasi masalah Tiap kelompok telah memilih dan
menonton satu tayangan film/drama.
· Melalui diskusi kelompok, peserta didik menanyakan kerangka isi teks ulasan film/drama.
· Melalui diskusi kelompok, peserta didik menanyakan
aspek-aspek yang hendak diulas pada film/drama yang telah ditonton.
Merumuskan
hipotesis/jawaban sementara
· Tiap kelompok, merumuskan
kerangka isi teks ulasan film/drama.
· Tiap kelompok mendiskusikan aspek-aspek yang hendak diulas pada film/drama yang telah
ditonton.
· Tiap kelompok menyusun draf ulasan film/drama sesuai
dengan kerangka isi yang telah disusun
·
Peserta didik dengan bimbingan pendidik
membuat rangkuman.
·
Peserta didik dengan bimbingan pendidik
melakukan refleksi, misalnya menanyakan
kesulitan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran.
·
Peserta didik diminta untuk melanjutkan
hasil penulisannya secara kelompok melalui tugas terstruktur.
·
Peserta didik diberitahu untuk menyajikan
karya ulasan film/drama yang telah ditulis pada pertemuan berikutnya.
·
Salah seorang peserta didik memimpin
berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.
Pertemuan Ketiga
mengumpulkan data untuk membuktikan kebenaran hipotesis
1. Tiap kelompok memajang teks ulasan film/drama yang telah ditulis.
2. Tiapa kelompok memilih salah satu hasil karya dari
kelompok lain untuk dinilai.
3. Perwakilan
dari kelompok mempresentasikan
hasil penilaian terhadap kelompok
lain.
4. Peserta
didik memberi tanggapan baik berupa pertanyaan, sanggahan atau dukungan
secara santun.
5. Penguatan
dari pendidik.
Menarik Simpulan/Generalisasi
· Peserta didik menarik simpulan tentang ulasan film/drama
yang baik.
· Peserta
didik merevisi teks
ulasan film/drama secara mandiri dan
memajangnya di jejaring sosial.
·
Peserta didik menyusun rangkuman
dengan bimbingan pendidik.
·
Peserta didik melakukan refleksi, misalnya mengungkapkan
kesulitan yang dialami dalam proses
pembelajaran.
·
Peserta didik diminta mengemukakan
tanggapannya tentang kemampuannya dalam menulis teks ulasan film/drama.
·
Salah seorang siswa memimpin berdoa
untuk mengakhiri pembelajaran.
Selanjutnya baca...
Penilaian
0 komentar:
Post a Comment
mohon meninggalkan komentar