KURIKULUM

Kurikulum, RPP, Silabus dan Pengembangannya

  • Home
  • Kurikulum
  • Info K13
  • Silabus
  • RPP
  • Pembelajaran K13
  • Penilaian K13
  • Privacy
  • Daftar Isi

Random Post

About Me

My Photo
Budiyono
saya seorang guru yang ingin bermanfaat bagi sesama dalam hidupku, terus beramal menebarkan kebaikan
View my complete profile

Email Subscriptions

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.
Home » RPP » Pertemuan Kedua Pembelajaran Model Penemuan

Pertemuan Kedua Pembelajaran Model Penemuan

Written By Budiyono on Thursday, August 7, 2014 | 7:32 AM

Budiyono Dion, Kurikulum



Pertemuan Kedua Pembelajaran Model Penemuan

Pemberian rangsangan
·      Identifikasi  masalah Tiap kelompok telah memilih dan menonton satu tayangan film/drama.
·      Melalui diskusi kelompok, peserta didik menanyakan kerangka isi teks ulasan film/drama.
·      Melalui diskusi kelompok, peserta didik menanyakan aspek-aspek yang hendak diulas pada film/drama yang telah ditonton.
 Merumuskan hipotesis/jawaban sementara
·      Tiap kelompok, merumuskan kerangka isi teks ulasan film/drama.
·      Tiap kelompok mendiskusikan aspek-aspek yang hendak diulas pada film/drama yang telah ditonton.
·      Tiap kelompok menyusun draf ulasan film/drama sesuai dengan kerangka isi yang telah disusun
·      Peserta didik dengan bimbingan pendidik membuat rangkuman.
·      Peserta didik dengan bimbingan pendidik melakukan refleksi, misalnya menanyakan kesulitan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran.
·      Peserta didik diminta untuk melanjutkan hasil penulisannya secara kelompok melalui tugas terstruktur.
·      Peserta didik diberitahu untuk menyajikan karya ulasan film/drama yang telah ditulis pada pertemuan berikutnya.
·      Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.
Pertemuan Ketiga
mengumpulkan data untuk membuktikan kebenaran hipotesis
1.    Tiap kelompok memajang  teks ulasan film/drama  yang telah ditulis.
2.    Tiapa kelompok memilih salah satu hasil karya dari kelompok lain untuk dinilai.
3.    Perwakilan dari kelompok mempresentasikan hasil penilaian terhadap kelompok lain.
4.    Peserta didik memberi tanggapan baik berupa pertanyaan, sanggahan atau dukungan secara santun.
5.    Penguatan dari pendidik.
Menarik Simpulan/Generalisasi
·      Peserta didik menarik simpulan tentang ulasan film/drama yang baik.
·      Peserta didik merevisi teks ulasan film/drama secara mandiri dan memajangnya di jejaring sosial.        
·      Peserta didik menyusun  rangkuman dengan bimbingan pendidik.
·      Peserta didik melakukan refleksi, misalnya mengungkapkan kesulitan yang dialami  dalam proses pembelajaran.
·      Peserta didik diminta mengemukakan tanggapannya tentang kemampuannya dalam menulis teks ulasan film/drama.
·      Salah seorang siswa memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.

Selanjutnya baca... Penilaian
Share this article :
Share on FB Tweet Share on G+ Submit to Digg
Budiyono di 7:32 AM

0 komentar:

Post a Comment

mohon meninggalkan komentar

Newer Post Older Post Home

Popular Post

  • Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Kompetensi Inti ( KI )   dan Kompetensi Dasar ( KD ) Kurikulum 2013 Kompetensi Inti dan Kompetensi Da...
  • Penguatan Tata Kelola dan Pendalaman/Perluasan Materi Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Penguatan Tata Kelola dan Pendalaman/Perluasan Materi Kurikulum 2013 Penyusunan kurikulum 2013 dimulai ...
  • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek
    Budiyono Dion, Kurikulum Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek   Pertemuan kedua 1.      Pendahuluan ...
  • Tuntutan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Tuntutan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Tuntutan pebelajaran kurikulum 2013 menghendaki suatu proses...
  • Macam-Macam Genre Teks
    Budiyono Dion, Kurikulum Macam-Macam Genre Teks 1.     Teks Prosedur Fungsi sosial teks prosedur : memberikan petunjuk tentang...

Archives

  • ► 2015 (8)
    • ► February (6)
    • ► January (2)
  • ▼ 2014 (77)
    • ► December (1)
    • ► November (2)
    • ► October (2)
    • ▼ August (21)
      • Sistem Penilaian Kurikulum 2013 versus UN
      • lanjutan RPP 01
      • lanjutan RPP 01
      • RPP Bahasa Indonesia SMA XI Kurikulum 2013 (RPP 01)
      • Penilaian Pembelajaran Model Penemuan
      • Pertemuan Kedua Pembelajaran Model Penemuan
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Penemuan
      • Penilaian Pembelajaran Berbasis Masalah
      • Tugas 3 dan 4, Pembelajaran Berbasis Masalah
      • Lembar Kerja Siswa, Model Berbasis Masalah
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasi...
      • Instrumen Penilaian Sikap Pembelajaran Bahasa Indo...
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasi...
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasi...
      • Kegiatan Pembelajaran dengan menerapkan Pendekat...
      • Lembar Kerja, PERANCANGAN penerapan MODEL-model pa...
      • Lembar Kerja, Kegiatan Pembelajaran dengan mener...
      • PERANCANGAN PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MO...
      • Format Perancangan Model Pembelajaran Discovery ...
      • Kompetensi yang Dicapai
      • Perancangan Pembelajaran dan Penilaian
    • ► July (3)
    • ► June (35)
    • ► May (7)
    • ► April (1)
    • ► March (5)

Followers

Preview Subscription

Subscribe to KURIKULUM by Email
KURIKULUM© 2014. All Rights Reserved. Template By Seocips.com
SEOCIPS Areasatu Adasenze Tempate Tipeex.com Publisher by Kurikulum