Budiyono Dion, Kurikulum
selanjutnya baca....Pertemuan Kedua
Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Penemuan
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesaia
|
Kelas/Semeste
|
:
|
X1/2
|
Kompetensi
Dasar
|
:
:
|
1.2
Membandingkan
teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
ulasan/reviu film/drama baik
melalui lisan maupun tulisan
4.2
Memproduksi teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi
kompleks, dan ulasan/reviu film/drama yang koheren sesuai dengan
karakteristik yang akan dibuat baik
secara lisan mupun tulisan
|
Topik/Bahasan
|
Teks Ulasan Film/Drama
|
|
Alokasi
Waktu
|
2 x pertemuan (4x45 menit)
|
B. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Pemberian rangsangan
· Peserta
didik membaca
contoh teks ulasan film/drama dan teks resensi kumpulan cerpen.
Identifikasi
masalah
· Peserta
didik menanyakan butir-butir penting terkait struktur isi, ciri bahasa, dan tujuan komunikasi teks ulasan
film/drama yang dibaca.
· Peserta
didik menanyakan butir-butir penting terkait struktur isi, ciri bahasa, dan tujuan komuniaksi teks resensi
kumpulan cerpen yang dibaca.
Merumuskan hipotesis
· Peserta
didik mencoba menjawab pertanyaan
tentang struktur isi dan ciri bahasa teks ulasan film/drama dan teks resensi
kumpulan cerpen.
Mengumpulkan data untuk membuktikan kebenaran hipotesis
· Melalui diskusi kelompok, peserta didik mendiskusikan persamaan teks ulasan film/drama dan
teks resensi kumpulan cerpen dilihat
dari struktur isi dan ciri bahasanya dengan dengan menggali data pada teks yang telah dibaca.
· Melalui diskusi kelompok, peserta didik mendiskusikan perbedaan teks ulasan film/drama dan
teks resensi kumpulan cerpen dilihat
dari struktur isi dan ciri bahasanya dengan menggali data pada teks yang telah dibaca.
· Peserta
didik menyampaikan hasil diskusi kelompok dalam diskusi
kelas.
· Peserta
didik memberi tanggapan
baik berupa pertanyaan, sanggahan atau dukungan secara santun
· Penguatan
dari pendidik.
Menarik Simpulan/Generalisasi
· Peserta didik menarik simpulan dan merevisi temuannya
tentang persamaan dan perbedaan teks ulasan film/drama dengan teks resensi
kumpulan cerpen kemudian dipajang di majalah dinding kelas.
·
Peserta didik membuat rangkuman.
·
Peserta didik dengan panduan pendidik melakukan refleksi, misalnya mereviu bagian mana yang perlu dijelaskan lebih lanjut.
·
Peserta didik mencatat informasi tentang
tugas untuk pertemuan kedua, yaitu tiap
kelompok menonton satu film/drama.
·
Salah seorang peserta didik memimpin
berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.
selanjutnya baca....Pertemuan Kedua
0 komentar:
Post a Comment
mohon meninggalkan komentar