KURIKULUM

Kurikulum, RPP, Silabus dan Pengembangannya

  • Home
  • Kurikulum
  • Info K13
  • Silabus
  • RPP
  • Pembelajaran K13
  • Penilaian K13
  • Privacy
  • Daftar Isi

Random Post

About Me

My Photo
Budiyono
saya seorang guru yang ingin bermanfaat bagi sesama dalam hidupku, terus beramal menebarkan kebaikan
View my complete profile

Email Subscriptions

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.
Home » RPP » Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Penemuan

Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Penemuan

Written By Budiyono on Thursday, August 7, 2014 | 7:26 AM

Budiyono Dion, Kurikulum



Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Penemuan


Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesaia
Kelas/Semeste
:
X1/2
Kompetensi Dasar
:


:
1.2       Membandingkan teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama  baik melalui lisan maupun tulisan
4.2    Memproduksi teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama yang koheren sesuai dengan karakteristik  yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
Topik/Bahasan

Teks Ulasan Film/Drama
Alokasi Waktu

2  x pertemuan (4x45 menit)

B. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Pemberian rangsangan
·      Peserta didik membaca contoh teks ulasan film/drama dan teks resensi kumpulan cerpen.
Identifikasi masalah
·      Peserta didik menanyakan butir-butir penting terkait struktur isi, ciri bahasa, dan tujuan komunikasi teks ulasan film/drama yang dibaca.
·      Peserta didik menanyakan butir-butir penting terkait struktur isi, ciri bahasa, dan tujuan komuniaksi teks resensi kumpulan cerpen  yang dibaca.
Merumuskan hipotesis
·      Peserta didik mencoba menjawab pertanyaan tentang struktur isi dan ciri bahasa teks ulasan film/drama dan teks resensi kumpulan cerpen.
Mengumpulkan data untuk membuktikan kebenaran hipotesis
·      Melalui diskusi kelompok, peserta didik mendiskusikan persamaan teks ulasan film/drama dan teks resensi kumpulan cerpen  dilihat dari struktur isi dan ciri bahasanya dengan dengan menggali data pada teks yang telah dibaca.
·      Melalui diskusi kelompok, peserta didik mendiskusikan perbedaan teks ulasan film/drama dan teks resensi kumpulan cerpen  dilihat dari struktur isi dan ciri bahasanya dengan menggali data pada teks yang telah dibaca.
·      Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok dalam diskusi kelas.
·      Peserta didik memberi tanggapan baik berupa pertanyaan, sanggahan atau dukungan secara santun
·      Penguatan dari pendidik.
Menarik Simpulan/Generalisasi
·      Peserta didik menarik simpulan dan merevisi temuannya tentang persamaan dan perbedaan teks ulasan film/drama dengan teks resensi kumpulan cerpen kemudian dipajang di majalah dinding kelas.
·      Peserta didik membuat rangkuman.
·      Peserta didik dengan panduan pendidik melakukan refleksi, misalnya mereviu bagian mana yang perlu dijelaskan lebih lanjut.
·      Peserta didik mencatat informasi tentang tugas untuk pertemuan kedua, yaitu tiap kelompok  menonton satu film/drama.
·      Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.

selanjutnya baca....Pertemuan Kedua
Share this article :
Share on FB Tweet Share on G+ Submit to Digg
Budiyono di 7:26 AM

0 komentar:

Post a Comment

mohon meninggalkan komentar

Newer Post Older Post Home

Popular Post

  • Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Kompetensi Inti ( KI )   dan Kompetensi Dasar ( KD ) Kurikulum 2013 Kompetensi Inti dan Kompetensi Da...
  • Penguatan Tata Kelola dan Pendalaman/Perluasan Materi Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Penguatan Tata Kelola dan Pendalaman/Perluasan Materi Kurikulum 2013 Penyusunan kurikulum 2013 dimulai ...
  • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek
    Budiyono Dion, Kurikulum Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek   Pertemuan kedua 1.      Pendahuluan ...
  • Tuntutan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Tuntutan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Tuntutan pebelajaran kurikulum 2013 menghendaki suatu proses...
  • Macam-Macam Genre Teks
    Budiyono Dion, Kurikulum Macam-Macam Genre Teks 1.     Teks Prosedur Fungsi sosial teks prosedur : memberikan petunjuk tentang...

Archives

  • ► 2015 (8)
    • ► February (6)
    • ► January (2)
  • ▼ 2014 (77)
    • ► December (1)
    • ► November (2)
    • ► October (2)
    • ▼ August (21)
      • Sistem Penilaian Kurikulum 2013 versus UN
      • lanjutan RPP 01
      • lanjutan RPP 01
      • RPP Bahasa Indonesia SMA XI Kurikulum 2013 (RPP 01)
      • Penilaian Pembelajaran Model Penemuan
      • Pertemuan Kedua Pembelajaran Model Penemuan
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Penemuan
      • Penilaian Pembelajaran Berbasis Masalah
      • Tugas 3 dan 4, Pembelajaran Berbasis Masalah
      • Lembar Kerja Siswa, Model Berbasis Masalah
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasi...
      • Instrumen Penilaian Sikap Pembelajaran Bahasa Indo...
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasi...
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasi...
      • Kegiatan Pembelajaran dengan menerapkan Pendekat...
      • Lembar Kerja, PERANCANGAN penerapan MODEL-model pa...
      • Lembar Kerja, Kegiatan Pembelajaran dengan mener...
      • PERANCANGAN PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MO...
      • Format Perancangan Model Pembelajaran Discovery ...
      • Kompetensi yang Dicapai
      • Perancangan Pembelajaran dan Penilaian
    • ► July (3)
    • ► June (35)
    • ► May (7)
    • ► April (1)
    • ► March (5)

Followers

Preview Subscription

Subscribe to KURIKULUM by Email
KURIKULUM© 2014. All Rights Reserved. Template By Seocips.com
SEOCIPS Areasatu Adasenze Tempate Tipeex.com Publisher by Kurikulum