Budiyono Dion, Kurikulum
A.
Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian
a.
Kompetensi Sikap:
·
Observasi
b.
Kompetensi Pengetahuan:
·
Tes tertulis
c.
Kompetensi Keterampilan:
·
Praktik (mempresentasikan hasil kerja kelompok)
2.
Bentuk instrumen dan instrumen
3.
Pedoman penskoran
Rubrik Instrumen
a. Peniaian
Sikap
Format Lembar Pengamatan
Sikap Peserta Didik dalam Kegiatan
Diskusi
No.
|
Sikap
Nama
|
Kedisiplinan
|
Kerjasama
|
Kejujuran
|
Tanggung jawab
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
6
|
|||||
7
|
|||||
8
|
Keterangan:
Skala penilaian sikap
dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5.
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten; dan
5 = selalu konsisten
b.Penilaian Pengetahuan
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
Mengidentifikasi struktur teks cerpen
|
Tes tertulis
|
Isian
|
Pada tahapan
ini,pengarang memberikan rinkasan yang akan dikembangkannya menjadi rangkaian
peristiwa yang dialami tokoh imajinasi.Damhuri Muhammad menggambarkan seorang
juru masak bernama Makaji yang sangat terkenal di kampungnya...
Berdasarkan kutipan teks cerpen
di atas termasuk bagian .... dalam struktur teks cerpen
|
Mengidentifikasi kaidah
teks cerpen
|
Tes tertulis
|
Isian
|
Kaidah teks
cerpen meliputi....,...,...
|
Menyebutkan
struktur teks cerpen
|
Tes tertulis
|
Isian
|
Struktur teks negosiasi meliputi..,....,....
|
Menjelaskan makna isi cerpen
|
Tes lisan
|
Isian
|
Apa makna isi cerpen yang berjudul
Juru Masak?
(1)
|
Kunci Jawaban
1.Abstrak
2.Plot padat,karakter tokoh
sederhana,setting tidak terlalu luas
3.Abstrak,orientasi,komplikasi,evaluasi,resolusi,koda
4.Menurut kebijakan guru
Pedoman Penskoran penilaian pengetahuan
1.
Soal
nomor 1
Aspek
|
Tingkat
|
Skor
|
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
|
A
|
4
|
Siswa menjawab benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa menjawab benar dan
sedang
|
S
|
2
|
Siswa menjawab kurang benar
|
K
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
4
|
2.
Soal
nomor 2
Aspek
|
Tingkat
|
Skor
|
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
|
A
|
4
|
Siswa menjawab benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa menjawab benar dan
sedang
|
S
|
2
|
Siswa menjawab kurang benar
|
K
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
4
|
3.
Soal
nomor 3
Aspek
|
Tingkat
|
Skor
|
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
|
A
|
4
|
Siswa menjawab benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa menjawab benar dan
sedang
|
S
|
2
|
Siswa menjawab kurang benar
|
K
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
4
|
4.
Soal nomor 4
Aspek
|
Tingkat
|
Skor
|
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan sangat baik
|
A
|
4
|
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa mendeskripsikan dengan kurang benar
|
K
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
4
|
Lampiran
Rubrik Penilaian Keterampilan
LEMBAR KINERJA PRESENTASI
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XI / Wajib
Kompetensi : 3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerpen baik melalui lisan
maupun tulisan
4.1 Menginterprestasi makna teks cerpen baik
melalui lisan maupun
tulisan
No
|
Nama Siswa
|
Kinerja Presentasi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||||
Presentasi
|
Isi Laporan
|
||||||||
kelancaran
|
Kebahasaan
|
Kelengkapan
|
kesesuaian
|
kelogisan
|
sistematis
|
||||
1.
1
|
Sriyono
|
||||||||
2.
2
|
Windi Saleha
|
||||||||
3.
|
|||||||||
4.
|
|||||||||
5.
|
Keterangan
pengisian skor
4. Sangat tinggi
3. Tinggi
2. Cukup tinggi
1. Kurang
Mengetahui,
_________,_________
Kepala Sekolahi Guru Mata Pelajaran,
_______________.
________________
NIP NIP
0 komentar:
Post a Comment
mohon meninggalkan komentar