Budiyono Dion, Kurikulum
Penilaian
Pembelajaran Model Penemuan
H. PENILAIAN
1. Teknik
dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Observasi
|
Lembar pengamatan sikap dan rubrik
|
Tes Tulis
|
Tes uraian, menemukan persamaan dan perbedaan teks ulasan
film/drama dan resensi kumpulan cerpen
dan Rambu-rambu jawaban
|
Tes Praktik-Proyek
|
Menulis teks ulasan film/drama, rubrik penilaian
|
2. Contoh Instrumen
2.1 Istrumen
Sikap
Lembar
Pengamatan Sikap
NO.
|
ASPEK YANG DIAMATI
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Selalu menggunakan
bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah penggunaan bahasa Indonesia yang baik
dan benar
|
||||
2.
|
Lebih memilih
kata,istilah, atau ungkapan bahasa Indonesia dalam mengekspresikan gagasan
berbahasa Indonesia baik lisan maupun tulis
|
||||
3.
|
Menunjukkan
perilaku tidak menjiplak pada kegiatan menulis teks ulasan film/drama
|
||||
4.
|
Menunjukkan
rasa peduli dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis terhadap
masalah-masalah yang dikemukakan dalam teks ulasan film/drama
|
||||
5.
|
Menggunakan
kata-kata yang tidak menyinggung perasaan orang lain
|
||||
6.
|
Selalu
tepat waktu dalam menyelesaikan tugas
|
Nilai: Skor Perolehan
------------------------- X 4 :
24
Skor
|
Indikator
|
4
|
Selalu berperilaku sesuai dengan yang diharapkan
|
3
|
Sering berperilaku sesuai yang diharapkan
|
2
|
Kadang-kadang berperilaku sesuai yang
diharapkan
|
1
|
Tidak pernah berperilaku sesuai yang
diharapkan
|
2.2 Contoh Penilaian Pengetahuan
Tes
Tulis bentuk Uraian
1.
Bacalah teks ulasan
film/drama (Teks A) dan teks resensi kumpulan cerpen (Teks B) berikut!
2.
Temukan persamaan
kedua teks tersebut dilihat dari struktur isi, ciri bahasa, dan fungsi
sosialnya! Berikan bukti!
3.
Temukan perbedaan
kedua teks tersebut dilihat dari struktur isi, ciri bahasa, dan fungsi
sosialnya! Berikan bukti!
Guru memberikan teks A
dan B
0 komentar:
Post a Comment
mohon meninggalkan komentar