Budiyono Dion, Kurikulum
selanjutnya baca Penilaian
A. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
·
Siswa merespons salam dan
pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi siswa hari itu.
·
Siswa menjawab pertanyaan guru tentang kondisi pembelajaran
sebelumnya dan menerima informasi
tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
·
Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat,
dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
·
Apersepsi dan Motivasi berupa tayangan yang
berisi teks cerpen
·
Ulasan sekilas tentang nilai dan
amanat yang terkandung dalam tayangan teks cerpen
|
10 menit
|
Isi (Kegiatan Inti)
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca contoh teks
cerpen mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks
cerpen(abstrak,orientasi,komplikasi,resolusi,evaluasi,dan coda).
·
Peserta didik membaca contoh teks
cerpen yang lain.
Menanya
·
Peserta
didik mempertayakan uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks cerpen
yang di baca.
·
Peserta
didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks cerpen dengan bahasa yang komunikatif
Mengeksplorasi
·
Peserta
didik menemukan struktur isi teks cerpen
·
Peserta
didik menemukan ciri-ciri teks cerpen
·
Peserta
didik mendiskusikan hasil temuan terkait dengan struktur isi dan ciri bahasa
teks cerpen
·
Peserta
didik mendiskusikan isi,unsur intrinsik,unsur ekstrinsik dalam teks cerpen
Mengasosiasikan
·
Peserta
didik mencari hubungan antara struktur isi dan ciri bahasa cerpen
·
Peserta
didik mendiskusikan hubungan antara struktur isi dan bahasa cerpen
·
Peserta
didik menyimpulkan isi,unsur intrinsik,unsur ekstrinsik teks cerpen dalam
diskusi kelas dengan saling menghargai
Mengkomunikasikan
·
Peserta
didik menjelaskan struktur isi dan ciri bahasa teks cerpen
·
Peserta
didik saling menilai kebenaran/ketepatan penjelasan teman/kelompok
·
Peserta
didik mempresentasikan isi, unsur intrinsik,unsur ekstrinsik teks cerpen
dengan rasa percaya diri.
·
Peserta
didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
|
90 menit
|
Penutup
|
·
Bersama
siswa menyimpulkan definisi/batasan, struktur, dan kaidah teks cerpen
·
Bersama
siswa menyimpulkan isi yang terdapat dalam teks cerpen
·
Memberikan
tugas mencari contoh teks cerpen yang lain
|
20 menit
|
selanjutnya baca Penilaian
0 komentar:
Post a Comment
mohon meninggalkan komentar