Budiyono Dion, Kurikulum
Kegiatan Pembelajaran
dengan menerapkan Pendekatan Saintifik
Kompetensi
Dasar
|
3.2
Membandingkan teks anekdot, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun
tulisan
|
Topik/Bahasan
|
Membandingkan prosedur komplek dan teks
eksposisi berdasarkan strukturnya
|
Alokasi
Waktu
|
1x pertemuan (2 JP)
|
Tahapan Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Mengamati
|
1.
Peserta didik membaca prosedur komplek teks
eksposisi melalui buku teks halaman 36
dan 72
2.
Peserta didik membaca informasi mengenai
struktur prosedur komplek dan teks eksposisi
melalui buku teks halaman 38 dan 78
|
Menanya
|
3. Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin agenda-agenda masalah yang relevan
dengan bahan pelajaran
4. Berdasarkan identifikasi masalah
tersebut, siswa memilih dan merumuskan salah satu di antaranya (struktur dan
ciri-ciri bahasa)
|
Mengumpulkan
Informasi
|
5. Guru memberikan kesempatan kepada siswa
secara berkelompok untuk mencari tahu
tentang hal-hal yang berhubungan dengan struktur teks hasil prosedur
komplek dan teks eksposisi melalui kegiatan membaca literatur di
perpustakaan atau internet sekolah
6. Peserta didik membacaprosedur
komplek dteks prosedur
komplek dan tek eksposisipada halaman 36 dan 72
7. Peserta didik mengenal dan mendiskusikan struktur
teksprosedur komplek dan teks eksposisi dan tersebut dengan menggunakan tugas
halaman 62 dan 98
|
Mengasosiasikan
|
8. Guru memberikan kesempatan kepada siswa
secara berkelompok untuk mengolah informasi yang diperoleh dari hasil
kegiatan sebelumnya untuk memperluas, memperdalam, atau mencari solusi dari
masalah terkait materi
9. Guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk memverifikasi sehingga dapat menemukan
konsep tentang struktur teks hasil observasi
|
Mengkomunikasikan
|
10.Setelah menemukan kesimpulan, peserta
didk membuat laporan dan peserta
didik dapat menyampaikan laporan hasil pengamatan struktur teks hasil laporan observasi
|
0 komentar:
Post a Comment
mohon meninggalkan komentar