Budiyono Dion, Kurikulum
Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan
Model Berbasis Proyek
Satuan Pendidikan : SMAN …..
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok : Memproduksi Teks Cerita Pendek
Jumlah Pertemuan : 2 pertemuan (4 X 45’)
A.
Kompetensi Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2
Membandingkan teks cerita pendek,
pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik
melalui lisan maupun tulisan.
|
3.2.1 Mengidentifikasi
persamaan struktur teks cerita pendek.
3.2.2 Mengidentifikasi
perbedaan struktur teks cerita pendek.
3.2.3 Mengidentifikasi
persamaan ciri teks cerita pendek.
3.2.4 Mengidentifikasi
perbedaan ciri teks cerita pendek
|
4.2 Memproduksi teks cerita pendek, pantun, cerita ulang,
eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama yang koheren sesuai dengan
karakteristik yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
|
4.2.1
Menentukan tema
cerita pendek
4.2.2
Mengembangkan alur
cerita pendek
4.2.3 Menyusun cerita pendek berdasarkan alur
|
B.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Pendahuluan (10 menit)
a.
Peserta didik merespons salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi
dan pembelajaran sebelumnya
b.
Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya
dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
c.
Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, dan teknik serta
bentuk penilaian yang akan
dilaksanakan.
2. Kegiatan
Inti (70 menit)
Guru membentuk kelompok (5-6 siswa dalam satu
kelompok)
a.
Mengamati fenomena- Tahap 1 Model Proyek
1)
Peserta didik membaca contoh cerpen.
2)
Peserta didik mengidentifikasi topik.
b.
Menentukan pertanyaan mendasar- Tahap 2 Model Proyek
1)
Peserta didik merumuskanlah pertanyaan
yang esensial berkaitan dengan topik tersebut.
2)
Peserta mendiskusikan unsur intrinsik cerpen.
3)
Peserta didik berdiskusi tentang struktur isi
dan ciri bahasa cerpen
c.
Menyusun jadwal perencanaan proyek- Tahap 3 Model Proyek
1)
Peserta
didik mencoba merumuskan pertanyaan tentang cerpen
2)
Peserta
didik mencoba menentukan unsur intrinsik cerpen
3)
Peserta
didik mencoba menentukan struktur dan bahasa cerpen.
4)
Peserta
didik menyusun rencana untuk membuat kliping cerpen dengan berbagai topik.
d.
Mengumpulkan data/ mengeksplorasi (Membuat jadwal untuk menyelesaikan
proyek – tahap Model Proyek)
1)
Peserta
didik membuat jadwal untuk mengumpulkan cerpen.
2)
Peserta
didik merencanakan kegiatan membuat kliping cerpen
3)
Peserta
didik menentukan jenis hiasan untuk menempel cerpen di mading kelompok.
e.
Evaluasi pengalaman- Tahap 5 Model Proyek)
1)
Peserta
didik menceritakan inti sari cerpen yang dikumpulkannya
2)
Peserta
didik mengemukakan berbagai kendala yang dialami ketika mencari dan menilai
cerpen yang layak untuk dijadikan kliping.
f.
Menguji hasil- Tahap 6 Model Proyek dan
Monitoring – Tahap 7 Model Proyek
1)
Peserta
didik memamerkan kliping cerpen kelompok di kelas
2)
Peserta
didik saling berkunjung ke kelompok lain
3)
Peserta
didik menilai kliping karya kelompok lain
4)
Peserta didik menceritakan proses membuat kliping dan
tanggal serta tempat merencanakan, menempel, serta membuat mading dalam
kelompok.
5)
Peserta didik memberi tanggapan baik berupa pertanyaan, sanggahan atau dukungan
secara santun.
6)
Penguatan
dari pendidik
3.
Kegiatan Penutup (10
menit)
1.
Peserta didik membuat rangkuman.
2.
Peserta didik dengan panduan pendidik melakukan refleksi, misalnya mereviu bagian mana yang perlu dijelaskan lebih
lanjut.
3.
Peserta didik mencatat informasi tentang tugas untuk pertemuan kedua, yaitu
tiap kelompok menonton satu film/drama.
4.
Salah seorang peserta didik memimpin berdoa
untuk mengakhiri pembelajaran.
selanjutnya....
0 komentar:
Post a Comment
mohon meninggalkan komentar