Budiyono Dion, Kurikulum
Pembelajaran Bahasa Indonesia
dengan Model Berbasis Masalah
Kompetensi
Dasar/indikator
|
:
|
1.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan
maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi
makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,
dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
|
· Menentukan struktur teks prosedur kompleks
·
Mengidentifikasi
kaidah/ ciri bahasa teks prosedur kompleks
§
Menjawab pertanyaan
tentang isi teks yang dibaca mulai dari pertanyaan literal, imprensial,
integrative, dan kritis
· Menceritakan kembali isi teks yang dibaca
dengan bahasa sendiri
|
Topik/Bahasan
|
:
|
·
Struktur teks prosedur
·
Makna teks prosedur
|
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
2xpertemuan
|
A. Langkah-langkah
Pembelajaran
Tahapan
Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Orientasi siswa pada masalah
(Pendahuluan )
|
· Siswa menyimak masalah yang disampaikan guru tentang prosedur komplek tentang pembuatan
sim
· Guru
mengemukakan masalah apabila
mengendarai sepeda motor atau mobil. Sebagai warga yang baik. Kalian perlu memiliki perilaku sehari-hari
yang mencerminkan kesadaran hukum.
Kesadaran hukum yang dimiliki setiap orang tercermin pada berbagai aspek
kehidupan. Berikut ini adalah contoh-contoh kesadaran hukum. Penduduk
Indonesia yang sadar hukum tentu harus mempunyai kartu tanda penduduk (KTP)
bagi yang berumur 17 tahun ke atas; pengendara kendaraan bermotor harus
mempunyai surat izin mengemudi (SIM); dan orang yang bepergian ke negara lain
harus mempunyai paspor dan visa.
Dalam kaitan dengan aspek warga yang baik untuk
mengikuti tahapan dalam suatu proses, kalian akan mengeksplorasi teks
prosedur kompleks. Akan kalian ketahui bahwa teks prosedur berisi
langkah-langkah atau tahap-tahap yang harus ditempuh
· Siswa
diminta memberikan tanggapan dan pendapat terhadap masalah tersebut
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan menjelaskan teknik pembelajaran yang
akan dilaksanakan
|
Mengorganisasi siswa dalam belajar
(Pendahuluan)
|
· Siswa
membentuk kelompok belajar setiapa kelompok 5 orang sesuai arahan guru dengan mempertimbangakan
kemampuan akademik, gender, dan ras
· Siswa menerima
LKS ( tentang dua prosedur kompleks
pembuatan sim )
· Siswa
membaca teks prosedur dengan judul”Cara Mengurus Surat Izin
Mengemudi (SIM)
|
Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri
maupun kelompok
(Kegiatan Inti)
|
· Siswa
melakukan identifikasi prosedur
komplek dengan menggunaka LKS dalam
kelompok
· Guru memfasilitasi dan membimbing kelompok dalam
berdiskusi untuk memecahkan masalah
|
Mengembangkan dan menyajikan hasik karya
(Kegiatan Inti)
|
· siswa
menjawab pertanyaan pada LKS dan menyajikan dalam laporan tertulis
· Siswa
menyajikan laporan pembahasan hasil
temuan, penarikan kesimpulan dari mengidentifikasi teks prosedur komplek tersebut
|
Menganalisi dan mengevaluasi proses pemecahan
masalah
(Penutup)
|
· Siswa
dibimbing guru melakukan analisis terhadap masalah prosedur komplek yang ditemukan siswa
· Kelompok
siswa yang menghasilkan pemecahan masalah prosedur komplek yang lengkap
diberi penghargaan.
· Guru
melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari siswa
|
Selanjutnya siswa diberikan tugas-tugas, baca pada …lembar kerja siswa.
0 komentar:
Post a Comment
mohon meninggalkan komentar