KURIKULUM

Kurikulum, RPP, Silabus dan Pengembangannya

  • Home
  • Kurikulum
  • Info K13
  • Silabus
  • RPP
  • Pembelajaran K13
  • Penilaian K13
  • Privacy
  • Daftar Isi

Random Post

About Me

My Photo
Budiyono
saya seorang guru yang ingin bermanfaat bagi sesama dalam hidupku, terus beramal menebarkan kebaikan
View my complete profile

Email Subscriptions

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.
Home » RPP » RPP Bahasa Indonesia SMA XI Kurikulum 2013 (RPP 01)

RPP Bahasa Indonesia SMA XI Kurikulum 2013 (RPP 01)

Written By Budiyono on Friday, August 15, 2014 | 9:05 PM

Budiyono Dion, Kurikulum



RPP Bahasa Indonesia SMA XI Kurikulum 2013
(RPP 01)

Sekolah                 :
Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester      : XI /1
Materi Pokok                   : Menemukan Solusi Atas Masalah Kewirausahaan
Topik/Subtopik        : Pembangunan konteks dan Pemodelan Teks Cerita Pendek
Alokasi waktu        : 4 x 45 menit (2 kali pertemuan)

A.     Kompetensi Inti

KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya dengan mematuhi norma-norma bahasa Indonesia serta mensyukuri dan mengapresiasi keberadaan bahasa dan sastra Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan menunjukkan sikap pro-  aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami , menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktuan,konseptual,prosedural,dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi,seni budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan,dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar,menyaji,dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator

3.1     Memahami struktur dan kaidah teks cerita pendek,baik melalui lisan maupun tulisan
         Indikator: Siswa dapat
1.             Menentukan struktur teks cerpen
2.            Menentukan kaidah/ciri bahasa teks cerpen

4.1    Menginterprestasi makna teks cerita pendek,baik secara lisan maupun tulisan
     
      Indikator : Siswa dapat
1.       Memaknai isi teks cerpen



C.     Tujuan Pembelajaran
Setelah proses menggali informasi melalui berbagai fakta, menanya konsep, berdiskusi atas fakta dan konsep, menginterprestasi mengasosiasi dan mengomunikasikan, siswa dapat :
1.       Mensyukuri atas anugerah tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya  dalam memhami struktur teks cerpen baik lisan maupun tulisan
2.       Menunjukkan sikap tanggung jawab,peduli,responsif dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menginterpretasi teks cerpen
3.       Menentukan sruktur teks cerpen
4.       Menentukan kaidah/ciri bahasa teks cerpen
5.       Memaknai isi teks cerpen


D.     Materi Pembelajaran
Fakta
·          Teks cerpen pada buku siswa  hlm.7-11

Konsep
·         Batasan cerpen :
Cerpen adalah adalah karangan pendek yang berbentuk prosa yang mengisahkan sepenggal kehidupan tokoh yang penuh pertikaian,peristiwa,dan pengalaman.

Prinsip
·          
1)    Ditinjau dari aspek struktur teks cerpen:
a.   abstraksi
b.   orientasi
c.    komplikasi
d.   resolusi
e.   evaluasi
f.     koda
2)    Ditinjau dari aspek kebahasaan teks cerpen:bahasa dalam cerpen tidak terlepas dari gaya atau stilistik


3)    Ditinjau dari aspek bentuk
Merupakan teks narasi

·         Ciri  teks cerpen :
a. bentuk tulisan sinkat,padat,dan pendek
b. tulisan kurang dari 10.000 kata
c. sumber cerita dari kehidupan sehari-hari
d, mengangkat masalah tunggal
e. tokoh dilukiskan mengalami konflik sampai pada penyelesaian
f. penggunaan kata-katanya sangat ekonomis dan mudah dikenal masyarakat
g.meninggalkan kesan mendalam
h. beralur tunggal

E.      Metode Pembelajaran (Rincian dari kegiatan Pembelajaran)
·         inquiry, discovery learning
·           diskusi
·            Kaji Pustaka

F.        Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.       Media :
·         Internet

2.       Alat/bahan
·         LCD, laptop, kapur, spidol, white board, CD

3.       Sumber Belajar
·      Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik . 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, tentang teks cerpen hlm.7- 11
·      Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Ungkapan/ Kamus Istilah bahasa Indonesia
·      Sumber lain yang sesuai
Selanjutnya baca Kegiatan Pembelajaran RPP 01
Share this article :
Share on FB Tweet Share on G+ Submit to Digg
Budiyono di 9:05 PM

0 komentar:

Post a Comment

mohon meninggalkan komentar

Newer Post Older Post Home

Popular Post

  • Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Kompetensi Inti ( KI )   dan Kompetensi Dasar ( KD ) Kurikulum 2013 Kompetensi Inti dan Kompetensi Da...
  • Penguatan Tata Kelola dan Pendalaman/Perluasan Materi Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Penguatan Tata Kelola dan Pendalaman/Perluasan Materi Kurikulum 2013 Penyusunan kurikulum 2013 dimulai ...
  • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek
    Budiyono Dion, Kurikulum Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek   Pertemuan kedua 1.      Pendahuluan ...
  • Tuntutan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Tuntutan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Tuntutan pebelajaran kurikulum 2013 menghendaki suatu proses...
  • Macam-Macam Genre Teks
    Budiyono Dion, Kurikulum Macam-Macam Genre Teks 1.     Teks Prosedur Fungsi sosial teks prosedur : memberikan petunjuk tentang...

Archives

  • ► 2015 (8)
    • ► February (6)
    • ► January (2)
  • ▼ 2014 (77)
    • ► December (1)
    • ► November (2)
    • ► October (2)
    • ▼ August (21)
      • Sistem Penilaian Kurikulum 2013 versus UN
      • lanjutan RPP 01
      • lanjutan RPP 01
      • RPP Bahasa Indonesia SMA XI Kurikulum 2013 (RPP 01)
      • Penilaian Pembelajaran Model Penemuan
      • Pertemuan Kedua Pembelajaran Model Penemuan
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Penemuan
      • Penilaian Pembelajaran Berbasis Masalah
      • Tugas 3 dan 4, Pembelajaran Berbasis Masalah
      • Lembar Kerja Siswa, Model Berbasis Masalah
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasi...
      • Instrumen Penilaian Sikap Pembelajaran Bahasa Indo...
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasi...
      • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasi...
      • Kegiatan Pembelajaran dengan menerapkan Pendekat...
      • Lembar Kerja, PERANCANGAN penerapan MODEL-model pa...
      • Lembar Kerja, Kegiatan Pembelajaran dengan mener...
      • PERANCANGAN PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MO...
      • Format Perancangan Model Pembelajaran Discovery ...
      • Kompetensi yang Dicapai
      • Perancangan Pembelajaran dan Penilaian
    • ► July (3)
    • ► June (35)
    • ► May (7)
    • ► April (1)
    • ► March (5)

Followers

Preview Subscription

Subscribe to KURIKULUM by Email
KURIKULUM© 2014. All Rights Reserved. Template By Seocips.com
SEOCIPS Areasatu Adasenze Tempate Tipeex.com Publisher by Kurikulum