Budiyono Dion, Kurikulum
Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
Kurikulum 2013 Kelas
X
Kelas X
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan
menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, eksposisi,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi
dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan
|
1.1
Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif,
dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai
permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik
1.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk melaporkan hasil
observasi
1.3
Menunjukkan perilaku jujur, tanggung dan disiplin
dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang
telah ditentukan
1.4
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan
santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk bernegosiasi dalam
perundingan
1.5
Menunjukkan perilaku jujur,
peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk
memaparkan pendapat mengenai konflik sosial, politik, ekonomi, dan kebijakan
publik
|
3.Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks
anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
|
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai dengan kaidah keilmuan
|
4.1 Menginterpretasi makna
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan
mupun tulisan
4.3
Menyunting teks anekdot, eksposisi,
laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks
anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
baik secara lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam
bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
0 komentar:
Post a Comment
mohon meninggalkan komentar