Budiyono Dion, Kurikulum
Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
Kurikulum 2013 Kelas
XI
Kelas XI
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia
|
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut
|
1.1 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai
dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi
dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis
melalui cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
ulasan/reviu film/drama
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi
dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui
cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu
film/drama
|
2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleransi, damai ) santun responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulandunia
|
2.1 Menunjukkan perilaku
tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk berekspresi
2.2 Menunjukkan perilaku
tanggung jawab peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
memahami dan menyampaikan permasalahan
2.3 Menunjukkan perilaku
jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
bercerita ulang
2.4 Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
menyampaikan paparan
2.5 Menunjukkan perilaku
jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia
untuk menyampaikan penjelasan .
|
3.
Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
|
3.1 Memahami struktur dan
kaidah teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu
film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu
film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu
film/drama berdasarkan kaidah-kaidah baik melalui lisan maupun tulisan.
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara
efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1 Menginterpretasi makna
teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu
film/drama baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu
film/drama yang koheren sesuai dengan karakteristik yang akan dibuat baik
secara lisan mupun tulisan
4.3 Menyunting teks cerita pendek, pantun,
cerita ulang, eksplanasi
kompleks, dan ulasan/reviu film/drama sesuai dengan struktur dan kaidah baik
secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu
film/drama baik secara lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu
film/drama ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah baik
secara lisan maupun tulisan .
|
0 komentar:
Post a Comment
mohon meninggalkan komentar