Budiyono Dion, Kurikulum,
Evaluasi
Pembelajaran dalam Buku Pelajaran,
Evaluasi
yang dilakukan dalam buku pelajaran belum menunjukkan hasil yang dapat
mencerminkan keberhasilan dalam sebuah program pengajaran.
Latihan-latihan
dan tugas-tugas praktis agaknya kurang memadai karena keterbatasan
–keterbatasan dalam ukuran buku teks dan dikarenakan begitu banyaknya
praktik-praktik, latihan yang perlu dilaksanakan secara perbuatan.
Sarana-sarana pengajaran juga sangat sedikit dan singkat karena
keterbatasan-keterbatasan ruang, tempat, atau wadah yang tersedia di dalamnya.
Pertolongan-pertolongan atau bantuan-bantuan yang berkait dengan evaluasi
hanyalah bersifat sugestif dan tidaklah mengevaluasi keseluruhan ataupun
keparipurnaan yang diinginkan. (Geene dan Petty, 1971 dalam Tarigan, 1986: 26)
Evaluasi
yang dilakukan buku pelajaran kurang sempurna dan menyeluruh, serta meyakinkan
karena sifatnya yang sugestf, anjuran dan pengawasannya longgar.
0 komentar:
Post a Comment
mohon meninggalkan komentar