KURIKULUM

Kurikulum, RPP, Silabus dan Pengembangannya

  • Home
  • Kurikulum
  • Info K13
  • Silabus
  • RPP
  • Pembelajaran K13
  • Penilaian K13
  • Privacy
  • Daftar Isi

Random Post

About Me

My Photo
Budiyono
saya seorang guru yang ingin bermanfaat bagi sesama dalam hidupku, terus beramal menebarkan kebaikan
View my complete profile

Email Subscriptions

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.
Home » Buku Pelajaran » Buku Pelajaran dan Peran Guru

Buku Pelajaran dan Peran Guru

Written By Budiyono on Sunday, February 1, 2015 | 11:41 AM

Budiyono Dion, Kurikulum,



Buku Pelajaran dan Peran Guru

Sebuah pemikiran dan beberapa pedoman yang ditawarkan Cunningworth dalam memilih buku pelajaran terkait dengan buku pelajaran bahasa (Inggris), cukup memadai untuk menghasilkan buku pelajaran yang dapat dijadikan acuan dalam pembelajaran. Tetapi, Seandal apapun buku pelajaran tidak bisa menggantikan peran guru dalam pembelajaran.
Buku teks (Tarigan, 1986: 13) adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar, yang disusun oleh pakar dalam bidang itu buat maksud-maksud dan tujuan instruksional, yang diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang sesuatu program pengajaran.
Pada Permendiknas nomor 11 tahun 2005 pada Pasal 1 dan pasal 2 disebutkan bahwa: Buku teks pelajaran  adalah buku acuan wajib untuk digunakan di sekolah yang memuat materi     pembelajaran dalam rangka peningkatan keimanan dan ketakwaan, budi pekerti dan kepribadian,   kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi,   kepekaan dan kemampuan estetis, potensi fisik dan kesehatan yang disusun berdasarkan standar nasional pendidikan. Pasal 2 (1) Buku teks pelajaran digunakan sebagai acuan wajib  oleh guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran.
Buku teks (Tarigan 1986:22) berkaitan erat dengan kurikulum yang berlaku. Buku teks yang baik harus relevan dan menunjang pelaksanaan kurikulum. Ada sebelas aspek untuk menentukan kualitas buku teks, yaitu (1) memiliki landasan prinsip dan sudut pandang yang berdasarkan teori linguistik, ilmu jiwa perkembangan, dan teori bahan pembelajaran, (2) kejelasan konsep, (3) relevan dengan kurikulum yang berlaku, (4) sesuai dengan minat siswa, (5) menumbuhkan motivasi belajar, (6) merangsang, menantang, dan menggairahkan aktivitas siswa, (7) ilustrasi tepat dan menarik, (8) mudah dipahami siswa, yaitu bahasa yang digunakan memiliki karakter yang sesuai dengan tingkat  perkembangan bahasa siswa, kalimat-kalimatnya efektif, terhindar dari makna ganda, sederhana, sopan dan menarik, (9) dapat menunjang mata pelajaran lain, (10) menghargai perbedaan individu, kemampuan, bakat, minat, ekonomi, sosial dan budaya, (11) memantapkan nilai-nilai budi pekerti yang berlaku di masyarakat.
Untuk mencapai tujuan yang ditetapkan (BP.Setipu,2005) proses pembelajaran perlu dirancang dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Metode pembelajaran disesuaikan dengan kompetensi yang menjadi tujuan, jenis dan sifat materi buku pelajaran, kondisi belajar/pembelajaran, serta karakterisitik siswa.
Berkaitan dengan metode pembelajaran, hal-hal yang perlu diperhatikan ialah: (a)Apakah sesuai untuk mencapai masing-masing kompetensi yang dikehendaki? (b) Apakah sesuai untuk kondisi siswa? (c) Apakah memperhatikan kondisi lingkungan belajar? (d)Apakah menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi? (e) Apakah materi buku pelajaran disajikan secara runtut? (f) Apakah meningkatkan motivasi belajar siswa?
Pembelajaran yang baik bersifat kontekstual, situasional. Buku pelajaran tidak dapat menyesuaikan kemungkinan situasi pembelajaran yang berlangsung. Gurulah yang dapat membaca situasi dan menyesuaikan situasi. Buku pelajaran tidak pernah mengajar, yang mengajar adalah guru.
baca juga BukuPelajaran dan Kebutuhan Siswa
Share this article :
Share on FB Tweet Share on G+ Submit to Digg
Budiyono di 11:41 AM

0 komentar:

Post a Comment

mohon meninggalkan komentar

Newer Post Older Post Home

Popular Post

  • Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Kompetensi Inti ( KI )   dan Kompetensi Dasar ( KD ) Kurikulum 2013 Kompetensi Inti dan Kompetensi Da...
  • Penguatan Tata Kelola dan Pendalaman/Perluasan Materi Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Penguatan Tata Kelola dan Pendalaman/Perluasan Materi Kurikulum 2013 Penyusunan kurikulum 2013 dimulai ...
  • Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek
    Budiyono Dion, Kurikulum Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Berbasis Proyek   Pertemuan kedua 1.      Pendahuluan ...
  • Tuntutan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013
    Budiyono Dion, Kurikulum Tuntutan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Tuntutan pebelajaran kurikulum 2013 menghendaki suatu proses...
  • Macam-Macam Genre Teks
    Budiyono Dion, Kurikulum Macam-Macam Genre Teks 1.     Teks Prosedur Fungsi sosial teks prosedur : memberikan petunjuk tentang...

Archives

  • ▼ 2015 (8)
    • ▼ February (6)
      • Matrikulasi Kurikulum 2013 untuk SMA
      • Matrikulasi Kurikulum SMA
      • Heboh Buku, Saatnya Aku Belajar Pacaran
      • Evaluasi Pembelajaran dalam Buku Pelajaran
      • Buku Pelajaran dan Kebutuhan Siswa
      • Buku Pelajaran dan Peran Guru
    • ► January (2)
  • ► 2014 (77)
    • ► December (1)
    • ► November (2)
    • ► October (2)
    • ► August (21)
    • ► July (3)
    • ► June (35)
    • ► May (7)
    • ► April (1)
    • ► March (5)

Followers

Preview Subscription

Subscribe to KURIKULUM by Email
KURIKULUM© 2014. All Rights Reserved. Template By Seocips.com
SEOCIPS Areasatu Adasenze Tempate Tipeex.com Publisher by Kurikulum